MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF DALAM MENGENAL ANGKA 1-10 MELALUI MEDIA PUZZLE ANGKA PADA ANAK KELOMPOK A DI TK KUSUMA MULIA I SUMBERDUREN DESA SUMBERDUREN KECAMATAN TAROKAN KABUPATEN KEDIRI TAHUN 2014-1015
Author (Penulis)
SRI DEWI ALISAH
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
11.1.01.11.0840
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti bahwa media puzzle angka bukan sekedar pengantar pesan saja tetapi dianggap mampu mengembangkan kemampuan kognitif mengenal angka 1-10 anak. Karena kemampuan kognitif mengenal angka 1-10 anak kelompok A di TK Kususma Mulia I Sumberduren Desa Sumberduren Kecamatan tarokan Kabupaten Kediri ini masih lemah, yang artinya masih perlu adanya bimbingan dari guru khususnya dalam mengenal angka 1-10. Dan untuk mengatasi masalah tersebut diatas, peneliti melaksanakan kegiatan meningkatkan kemampuan motorik halus anak melalui media puzzle angka. Yang mana kegiatan ini dimaksudkan untuk menarik perhatian anak dalam kegiatan tersebut.
Berdasarkan latar belakang masalah tersebut dirumuskan permasalahan yang diteliti yaitu : Apakah penerapan kegiatan mengenal angka 1-10 dapat meningkatkan kemampuan kognitif mengenal angka 1-10 anak kelompok A TK Kusuma Mulia I Sumberduren Desa Sumberduren Kecamatan Tarokan?
Penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) kolaboratif, dengan sampel siswa kelompok A TK Kususma Mulia I Sumberduren yang terdiri dari 26 anak. Penelitian dilakukan dalam tiga siklus, yang masing-masing siklus terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan,pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Adapaun metode pengumpulan data meliputi observasi dan unjuk kerja.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa meningkatkan bidang pengembangan kognitif mengenal angka 1-10 dengan menggunakan media puzzle angka dapat meningkatkan kemampuan kognitif mengenal angka 1-10 anak kelompok A TK Kusuma Mulia I Sumberduren. Disarankan bagi guru TK hendaknya didalam KBM menggunakan media puzzle angka untuk menarik perhatian siswa atau melalui kegiatan lain.
Kata Kunci : Mengenal, Puzzle Angka