MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN KOGNITIF DALAM MENGURUTKAN BENDA MELALUI KEGIATAN MENYUSUN PUZZLE PADA ANAK KELOMPOK A DI TK KUSUMA MULIA I TAROKAN KECAMATAN TAROKAN KABUPATEN KEDIRI TAHUN PELAJARAN 2014/2015


Author (Penulis)

YENNY WAHYU
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

11.1.01.11.0839

Abstract

Kemampuan mengurutkan benda anak kelompok A di Taman Kanak-kanak (TK) kusuma Mulia I Tarokan masih sangat rendah. Untuk Mengembangkan Mengurutkan Benda melalui Menyusun Puzzle di TK tersebut peneliti menggunakan media Puzzle diharapkan dapat meningkatkan kemampuan mengurutkan benda anak didik dalam proses belajar ini tidak mengalami kejenuhan, dengan demikian anak-anak akan terlibat secara fisik, emosional dan intelektual yang pada saatnya diharapkan kegiatan yang diberikan guru dapat diminati oleh anak didik. Perumusan masalahan yang ingin di kaji dalam penelitian ini adalah : “Apakah Penerapan Dalam Mengurutkan Benda Melalui Kegiatan Menyusun Puzzle Dapat Mengembangkan Kemampuan Kognitif Anak kelompok A TK Kusuma Mulia I Tarokan Kabupaten Kediri ? Sedangkan tujuan dari penelitian ini adalah : Melakukan tindakan berupaya penerapan melalui kegiatan menyusun puzzle dalam pembelajaran sebagai upaya meningkatkan kualitas pembelajaran dan kemampuan mengurutkan benda anak kelompok A TK Kusuma Mulia I Tarokan, serta untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan kemampuan kognitif dalam mengurutkan benda melalui kegiatan menyusun puzzle pada kelompok A TK Kusuma Mulia I Tarokan antara sebelum dan sesudah dilakukan tindakan. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas sebanyak tiga putaran. Setiap putaran terdidri dari empat tahap yaitu (1) tahap perencanaan, (2) tahap pelaksanaan, (3) tahap observasi, dan (4) tahap refleksi. Untuk mengetahui perubahan kemampuan dalam proses pembelajaran mengurutkan benda adalah dengan deskripsi prosentase. Adapun perhitungan diperoleh melalui perbandingan kemampuan mengurutkan benda sebelum menggunakan metode pempelajaran menyusun puzzle dan sesudah menggunakan metode menyusun puzzle. Dimana kriteria keberhasilan tindakan adalah terjadinya kenaikan ketuntasan belajar setelah Siklus III ketuntasan belajar mencapai 75%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah dengan mengurutkan benda di dapatkan pengaruh positif dengan meningkatnya rasa percaya diri pada anak, semua itu dapat di lihat pada meningkatnya kemampuan anak didik dan ketuntasan belajar pada tiap siklus. Ketuntasan belajar pada siklus I mendapat rata-rata nilai 40%, siklus Ii mendapat nilai rata-rata 60%, dan siklus II mendapat nilai rata-rata 85% dengan demikian prosentase belajar anak didik dalam kemampuan mengurutkan benda telah mencapai ketuntasan dan menjadi lebih baik. Kata kunci : Kemampuan Kognitif, Mengurutkan, Menyusun Puzzle

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-02-23

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI