MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA MELALUI MEDIA PAPAN FLANNEL KELOMPOK B TK KUSUMA MULIA I TAROKAN
Author (Penulis)
SUPARMI
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
11.1.01.11.0838
Abstract
Kemampuan membaca anak kelompok B di Taman Kanak- kanak ( TK ) Kusuma Mulia I Tarokan masih sangat rendah. Untuk mengembangkan membaca di TK tersebut peneliti menggunakan media papan planel agar anak dapat mengembangkan konsep huruf, kata. Penggunaan media papan flannel diharapkan dapat meningkatkan kemampuan membaca anak didik dalam proses belajar mengajar sehingga dalam proses ini tidak mengalami kejenuhan, dengan demikian anak – anak akan terlibat secara fisik, emosional dan intelektual yang pada saatnya diharapkan kegiatan yang diberikan guru dapat diminati oleh anak didik. Perumusan masalah yang ingin dikaji dalam penelitian ini adalah : Apakah Penerapan melalui media papan flannel dalam pembelajaran dapat meningkatkan kemampuan membaca anak kelompok B TK Kusuma Mulia I Tarokan ? Sedangkan tujuan dari penelitian ini adalah : Melakukan tindakan berupa penerapan melalui papan flannel dalam pembelajaran sebagai upaya meningkatkan kualitas pembelajaran dan kemampuan membaca anak kelompok B TK Kusuma Mulia I Tarokan, serta untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan kemampuan membaca anak kelompok B TK Kusuma Mulia I Tarokan antara waktu sebelum dan sesudah dilakukan tindakan.
Penelitian ini menggunakan penlitian tindakan kelas sebanyak tiga putaran . Setiap putaran terdiri dari empat tahap yaitu (1) tahap perencanaan, (2) tahap pelaksanaan, (3) tahap observasi/pengamatan, (4) tahap refleksi. Untuk mengetahui perubahan kemampuan dalam proses pembelajaran membaca huruf atau kata adalah dengan deskripsi prosentase. Adapun perhitungan diperoleh melalui perbandingan kemampuan membaca huruf dan merangkai kata sebelum menggunakan metode pembelajaran papan flanel dan sesudah menggunakan metode papan flanel. Dimana kriteria keberhasilan tindakan adalah terjadinya kenaikan ketuntasan belajar (setelah siklus III ketuntasan belajar mencapai sekurang – kurangnya 75%).
Kesimpulan dari penelitian ini adalah dengan melalui media papan flannel didapatkan pengaruh positif dengan meningkatnya rasa percaya diri anak, semua itu dapat dilihat dengan meningkatnya kemampuan membaca anak didik dan ketuntasan belajar pada tiap siklus. Ketuntasan belajar pada siklus I mendapat rata – rata nilai 41%, siklus II mendapat nilai rata – rata 65%, dan siklus III mendapat nilai rata – rata 88%) dengan demikian presentasi belajar anak didik dalam kemampuan membaca telah mencapai ketuntasan dan menjadi lebih baik.
Kata Kunci : Kemampuan Membaca, Media Papan Flannel, Merangkai Huruf