MENINGKATKAN KEMAMPUAN SOSIAL EMOSIONAL DALAM BEKERJASAMA MELALUI PERMAINAN PUZZLE LANTAI PADA ANAK KELOMPOK B RA AL-AMIN DESA KECUBUNG KECAMATAN PACE KABUPATEN NGANJUK TAHUN PELAJARAN 2014/2015


Author (Penulis)

ANING PURWATI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

11.1.01.11.0837

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti, bahwa pembelajaran yang dilakukan guru seringkali bersifat individual atau tidak berkelompok. Akibatnya kemampuan sosial emosional dalam bekerjasama pada anak kelompok B RA Al-Amin Desa Kecubung Kecamatan Pace Kabupaten Nganjuk tahun pelajaran 2014/2015 kurang berkembang sesuai yang diharapkan. Permasalahan penelitian ini adalah “Apakah penerapan permainan puzzle lantai dalam pembelajaran dapat meningkatkan kemampuan sosial emosional dalam bekerjasama pada anak kelompok B di RA Al-Amin Desa Kecubung Kecamatan Pace Kabupaten Nganjuk?”. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan kemampuan sosial emosional dalam bekerjasama antara waktu sebelum dan sesudah dilakukan tindakan pada anak kelompok B RA Al-Amin Desa Kecubung Kecamatan Pace Kabupaten Nganjuk. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Penelitian Tindakan Kelas model Kemmis dan Taggart dengan subjek penelitian anak kelompok B RA Al-Amin Desa Kecubung Kecamatan Pace Kabupaten Nganjuk tahun ajaran 2014/2015. Penelitian dilaksanakan dalam tiga siklus, yang setiap siklusnya terdiri dari empat tahap yaitu Perencanaan, Pelaksanaan, Pengamatan dan Refleksi. Data tentang kemampuan anak dikumpulkan dengan teknik unjuk kerja menggunakan instrumen lembar/pedoman unjuk kerja dan data tentang pelaksanaan pembelajaran dikumpulkan dengan teknik observasi menggunakan instrumen lembar/pedoman observasi. Dari analisis data penelitian diperoleh hasil pada pra tindakan sebesar 32%, setelah tindakan siklus I sebesar 48%, setelah tindakan siklus dua sebesar 72% dan setelah tindakan siklus III sebesar 96%. Kesimpulan hasil penelitian ini adalah penerapan permainan puzzle lantai dalam pembelajaran dapat meningkatkan kemampuan sosial emosional dalam bekerjasama pada anak kelompok B RA Al-Amin Desa Kecubung Kecamatan Pace Kabupaten Nganjuk. Berdasarkan hasil penelitian dapat disarankan untuk menerapkan permainan puzzle lantai dalam pembelajaran guna meningkatkan kemampuan sosial emosional dalam bekerjasama pada anak usia dini. Kata kunci: kemampuan sosial emosional dalam bekerjasama, permainan puzzle lantai.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-02-24

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI