MENINGKATKAN KEMAMPUAN MOTORIK HALUS MELALUI KEGIATAN MENGANYAM PADA KELOMPOK B PAUD TUNAS HARAPAN DESA SELOPANGGUNG KECAMATAN SEMEN KABUPATEN KEDIRI
Author (Penulis)
WANTI PUJI NINGRUM
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
11.1.01.11.0836
Abstract
Penerapan pengembangan kemampuan Motorik anak di kelompok B bertujuan untuk mengoptimalkan perkembangan anak, dalam hal ini adalah kemampuan menganyam.
Pembelajaran menganyam dengan kertas origami pada umumnya pembelajaran yang mengasyikkan bagi anak, sehingga melalui kegiatan ini seluruh aspek perkembangan dapat berkembang secara optimal. Media Kegiatan menganyam l ini adalah media yang digemari oleh anak. Kegiatan ini akan melatih daya fikir anak. Rancangan penelitian ini menggunakan rancangan penelitian tindakan kelas, model Kemmis dan MC. Taggart yang meliputi 4 tahapan, yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi.
Dari hasil pengamatan dan analisis serta perbaikan pembelajaran diketahui bahwa kemampuan menganyam anak meningkat, hal ini tampak pada jumlah anak yang mencapai ketuntasan dimana pada siklus I mencapai 61% yang dikategorikan kurang pada siklus II menjadi 93%, yang dikategorikan sangat baik.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah Kegiatan menganyam dapat mengembangkan kemampuan motorik halus pada anak kelompok B PAUD Tunas Harapan Desa Selopanggung Kecamatan Semen Kabupaten Kediri.