MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN MENGENAL ANGKA 1-10 MELALUI MEDIA STICK ANGKA PADA ANAK KELOMPOK A DI TK DHARMA WANITA TUMPAK KEPUH KECAMATAN BAKUNG KABUPATEN BLITAR TAHUN AJARAN 2014/2015


Author (Penulis)

SRI WAHYUNINGSIH
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

11.1.01.11.0821

Abstract

ABSTRAK Sri wahyuningsih:Mengembangkan Kemampuan Mengenal Angka 1-10 Melalui Media Stick Angka Pada Anak Kelompok A di TK Dharma Wanita Tumpak kepuh Kecamatan Bakung Kabupaten Blitar Tahun Ajaran 2014 /2015. Kata kunci :Kemampuan Kognitif, Mengenal Angka 1-10 Penelitian di latar belakangi adanya permasalahan yaitu kurangnya kemampuan kognitif dalam pemahaman tentang konsep mengenal angka 1-10.Hal ,ini di sebabkan oleh kurangnya kreatifitas guru dalam membuat media pembelajaran, anak kurang mendapatkan motifasi dan tingkat pemahaman anak kurang optimal.Berdasarkan pengamatan yang telah di lakukan terdapat beberapa rumusan masalah”Apakah Menggunakan media Stick Angka dapat Mengembangkan kemampuan Mengenal Angka 1-10 pada anak kelompok A di TK Dharma Wanita Tumpak kepuh Kecamatan Bakung Kabupaten Blitar? Desain Penelitian yang di gunakan dalam penelitian ini adalah rancangan penelitian tindakan kelas dan di dalam tiga siklus dengan masing-masing siklus satu kali pertemuan.Masing-masing siklus terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan,pelaksanaan,observasi,refleksi.Subyek penelitian adalah anak kelompok A di TK Dharma Wanita Tumpak kepuh Kecamatan Bakung Kabupaten Blitar sebanyak 16 anak yang terdiridari 6 anak perempuan 10 anak laki-laki.Metode Pengumpulan adalah Unjuk kerja. Kesimpulan hasil penelitian menunjukan bahwa Media Stick Angka dapat mengembangkan kemampuan kognitif dalam konsep mengenal angka 1-10 terbukti dari siklus pertama sampai siklus tiga selalu mengalami peningkatan.Peningkatan ini di tandai dengan meningkatnya kemampuan mengenal angka 1-10 dengan tepat dan benar.Dan di sarankan agar guru lebih kreatif menncari media pembelajaran yang lebih baik.Untuk meningkatkan kualitas belajar mengajar hendaknya sekolah / kepala Sekolah selalu menekankan pada guru untuk terus memberikan motivasi pada anak.Serta Peran Orang Tua sangat besar perananya dalam Mengembangkan kemampuan dan kepribadian sosial anak dapat terbentuk.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-02-05

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI