MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN SOSIAL EMOSIONAL DALAM KEMANDIRIAN MELALUI KEGIATAN OUTBOND PADA ANAK KELOMPOK A TK DHARMA WANITA DAWUHAN KIDUL KECAMATAN PAPAR KABUPATEN KEDIRI


Author (Penulis)

AGUS PRASETYO
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

11.1.01.11.0809

Abstract

Seringkali dalam setiap kegiatan yang dilakukan di sekolah selalu disisipkan dengan nilai kemandirian, dengan tujuan nantinya setiap anak didik mampu untuk hidup mandiri tanpa menggantungkan dengan orang lain. Kemandirian perlu ditanamkan dalam diri seseorang sejak usia dini. Dengan adanya penanaman sikap mandiri, akan membentuk anak memiliki kepribadian dan kecakapan hidup. Hasil observasi yang dilakukan oleh peneliti, dari 15 peserta didik di kelompok B hanya 2 anak yang mendapatkan nilai ?4, kemudian 3 anak mendapat nilai ?3, sedangkan untuk nilai ?2 sebanyak 11 anak sedangkan 4 anak mendapatkan nilai ?1. Hal ini terjadi karena pengelolaan kegiatan belajar yang kurang maksimal, guru belum menemukan kegiatan yang cocok untuk meningkatkan kemampuan sosial emosional anak. Data yang diperoleh pada Siklus I nilai ketuntasan anak mencapai 60% menigkat menjadi 73% pada Siklus II dan pada siklus III nilai ketuntasan anak mencapai 86%. Dengan demikian dinyatakan bahwa penelitian tindakan kelas telah berhasil. Kesimpulan dari kegiatan ini adalah melalui kegiatan outbond dapat mengembangkan kemampuan sosial emosional dalam kemandirian pada anak kelompok A TK Dharma Wanita Dawuhan Kidul Kecamatan Papar Kabupaten Kediri.” Oleh karena itu, hipotesis tindakan dalam penelitian ini, diterima.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-02-04

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI