MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENUNJUK LAMBANG BILANGAN 1-10 MELALUI MEDIA KOTAK PENSILPADA ANAK KELOMPOK A TK ‘AISYIYAH BUSTANUL ATHFAL (ABA) DESA KLAMPITAN KECAMATAN PURWOASRI KABUPATEN KEDIRI


Author (Penulis)

TATIK NUR HANDAYNI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

11.1.01.11.0806

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti, bahwa penggunaan metode pembelajaran yang kurang menarik serta suara guru yang kurang keras saat proses pembelajaran, mengakibatkan suasana kelas monoton, pasif dan membuat anak didik menjadi jenuh. Hal tersebut nampak dari masalah yang muncul, yaitu anak-anak kesulitan untuk menunjuk lambang bilangan 1-10. Rendahnya kemampuan tersebut ditandai dengan anak-anak belum dapat mengetahui bentuk-bentuk dan membedakan lambang bilangan 1-10. Permasalahan penelitian ini adalah apakah pembelajaran dengan menggunakan media kotak pensil dapat meningkatkan kemampuan menunjuk lambang bilangan 1-10 di kelompok A TK ‘Aisyiyah Bustanul Athfal (ABA) Desa Klampitan Kecamatan Purwoasri Kabupaten Kediri. Penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subyek penelitian anak didik kelompok A TK ‘Aisyiyah Bustanul Athfal (ABA) Desa Klampitan Kecamatan Purwoasri Kabupaten Kediri. Penelitian dilaksanakan dalam tiga siklus, menggunakan instrumen berupa: Rencana Kegiatan Mingguan (RKM), Rencana Kegiatan Harian (RKH), lembar penilaian kemampuan menunjuk lambang bilangan 1-10 dan lembar observasi aktivitas guru. Kesimpulan hasil penelitian ini adalah (1) Penerapan media kotak pensil dapat meningkatkan kemampuan menunjuk lambang bilangan 1-10 pada anak kelompok A TK ‘Aisyiyah Bustanul Athfal (ABA) Desa Klampitan Kecamatan Purwoasri Kabupaten Kediri.(2) Berdasarkan hasil analisis data sebagaimana dipaparkan pada bab sebelumnya, maka dapat dinyatakan bahwa hipotesis yang berbunyi “Penggunaan media kotak pensil dalam pembelajaran dapat meningkatkan kemampuan menunjuk lambing bilangan 1-10 di kelompok A TK ‘Aisyiyah Bustanul Athfal (ABA) Desa Klampitan Kecamatan Purwoasri Kabupaten Kediri” dapat diterima dan media efektif untuk diterapkan. . Berdasarkan simpulan hasil penelitian ini, direkomendasikan: Tujuan pokok penggunaan media kotak pensil adalah untuk meningkatkan kemampuan menunjuk lambang bilangan 1-10. Oleh sebab itu guru sebagai pelaksana pembelajaran harus dapat menciptakan suasana pembelajaran yang aktif, kreatif, efektif dan menyenangkan (PAKEM). Kata kunci: kemampuan, menunjuk lambang bilangan, media kotak pensil.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-02-14

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI