MENINGKATKANKEMAMPUANMENGENAL LAMBANGBILANGAN 1 – 10MENGGUNAKANMEDIA KARTUANGKA DI KELOMPOK A TK DHARMA WANITA 04PELEM CAMPURDARAT TULUNGAGUNG TAHUN PELAJARAN 2014-2015


Author (Penulis)

SUNARMI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

11.1.01.11.0790

Abstract

Abstrak SUNARMI :MeningkatkanKemampuanMengenalLambangBilangan 1 – 10 Menggunakan Media KartuAngka di Kelompok A TK Dharma Wanita 04 PelemKecamatanCampurdaratKabupatenTulungagungTahunPelajaran 2014-2015, Skripsi, PGPAUD, FKIP UNP Kediri, 2015. Kata kunci :kemampuanmengenallambangbilangan 1 – 10, media kartuangka. Penelitianini di latarbelakangihasilpengamatandanpengalamanpeneliti, bahwakemampuanmengenallambangbilangananak-anak di kelompok A TK Dharma Wanita 04 PelemCampurdaratTulungagungmasihrendah.Anakcepatmerasabosankarenapembelajaran yang monoton, anakcenderungramaidanlebihasyikbermaindengantemannya, danmasihterjadinyakebingungananakdalammembedakanangka yang satudenganangka yang lainnya. Rumusanpermasalahanpenelitianiniadalahapakahpenggunaan media kartuangkadapatmeningkatkankemampuanmengenallambangbilangan 1-10 di Kelompok A TK Dharma Wanita 04 PelemCampurdaratTulungagungTahunPelajaran 2014-2015 ? PenelitianinimenggunakanpendekatanPenelitianTindakanKelas (PTK) dengansubyekpenelitianadalah22 anakdi KelompokA TK Dharma Wanita 04 PelemCampurdaratTulungagung. Penelitianinidilaksanakandalamduasiklus, menggunakaninstrumenberupaRencanaKegiatanMingguan (RKM), RencanaKegiatanHarian (RKH), lembarobservasi guru danlembarpenilaianunjukkerjauntukanak. Kesimpulanhasilpenelitianiniadalahpenggunaan media kartuangkadalampembelajaranterbuktidapatmeningkatkankemampuanmengenallambangbilangan 1–10 padaKelompokA TK Dharma Wanita 04 PelemKecamatanCampurdaratKabupatenTulungagungTahunPelajaran 2014-2015.Hal inidapatdilihatdarihasil prosentase rata-rata kemampuan berhitung anakpadaSiklus I adalah 67,04%, danSiklus II adalah86,36 %. Berdasarkansimpulanhasilpenelitianini, disarankankepada: (1) LembagaPenyelenggaraPendidikandiharapkandapatmenyediakanfasilitas-fasilitas media yang dapatmerangsanganakuntukmeningkatkankemampuanmengenallambangbilangan. (2) Guru diharapkandapatmenggunakanmetode yang bervariatifdalammenstimulasiperkembangananak, khususnyapeningkatankemampuanmengenallambangbilangan. (3) Hendaknya orangtua bekerjasama dengan guru di sekolah, dalam upaya memenuhi tumbuh kembang anak sehingga dapat dilakukan upaya-upaya yang sejalan antara pembelajaran di rumah dan di sekolah.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-02-04

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI