MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN BERHITUNG MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR BUAH – BUAHAN PADA ANAKKELOMPOK A PAUD HARAPAN BUNDASUKOANYAR PAKEL TULUNGAGUNG TAHUN PELAJARAN 2014-2015


Author (Penulis)

SITI RODIYAH
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

11.1.01.11.0789

Abstract

Abstrak SITI RODIYAH : Mengembangkan Kemampuan Berhitung Menggunakan Media Gambar Buah – Buahan pada Anak Kelompok A PAUD Harapan Bunda, Sukoanyar Pakel Tulungagung Tahun Pelajaran 2014-2015, Skripsi, PG-PAUD, FKIP UNP Kediri, 2015. Kata kunci : kemampuan berhitung, media gambar buah – buahan. Penelitian ini di latar belakangi hasil pengamatan peneliti dilapangan, bahwa kemampuan berhitung anak-anak di Kelompok A PAUD Harapan Bunda masih rendah, hal ini dilihat dari data bahwa 14 anak didik hanya 2 anak yang mendapatkan bintang tiga (???), 6 anak mendapatkan bintang dua (??) dan 6 anak mendapat bintang satu (?). Suasana ruang kelas dalam proses pembelajaran monoton, pasif dan membosankan, kurangnya rangsangan terhadap anak didik melalui media-media pembelajaran, serta kurang optimalnya penerapan media-media pembelajaran. Permasalahan penelitian ini adalah apakah penggunaan media buah-buahan dapat mengembangkan kemampuan berhitung di Kelompok A PAUD Harapan Bunda Sukoanyar Pakel Tulungagung Tahun Pelajaran 2014-2015 ?. Penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subyek penelitian adalah 14 anak Kelompok A PAUD Harapan Bunda Sukoanyar Pakel Tulungagung. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, menggunakan instrumen berupa Rencana Kegiatan Mingguan (RKM), Rencana Kegiatan Harian (RKH), lembar observasi guru dan lembar penilaian unjuk kerja untuk anak. Kesimpulan hasil penelitian ini adalah bahwa penggunaan media gambar buah-buahan dalam pembelajaran terbukti dapat mengembangkan kemampuan berhitung di kelompok A PAUD Harapan Bunda Desa Sukoanyar Kecamatan Pakel Kabupaten Tulungagung Tahun Pelajaran 2014-2015. Hal ini dapat dilihat dari hasil prosentase rata-rata kemampuan berhitung anak pada Siklus I adalah 67,28% dan Siklus II adalah 85,71% Berdasarkan simpulan hasil penelitian ini, disarankan kepada: (1) Lembaga Penyelenggara Pendidikan agar memberikan kesempatan dan upaya guru dalam menentukan strategi yang tepat dalam mengembangkan kemampuan berhitung anak. (2) Guru hendaknya kreatif dan selalu ingin menciptakan hal-hal baru yang dapat meningkatkan hasil belajar. (3) bagi orang tua agar menstimulasi diri anak terhadap pembelajaran berhitung yang dapat dimulai dari pengalaman anak sehari-hari di rumah dan dilaksanakan dengan suasana yang menyenangkan.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-02-05

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI