Mengembangkan Kemampuan Bahasa Pada Anak Melalui Media Kartu Kata Pada Anak Didik Kelompok B PAUD Pelangi Desa Kasreman Kecamatan Pakel Tulungagung
Author (Penulis)
SILVY MEGSARI P
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
11.1.01.11.0788P
Abstract
ABSTRAK
SILVY MEGASARI: Mengembangkan Kemampuan Bahasa Pada Anak Melalui
Media Kartu Kata Pada Anak Didik Kelompok B PAUD Pelangi Desa Kasreman
Kecamatan Pakel Tulungagung, skripsi, PGPAUD, FKIPUNPKediri,2013.
Kata Kunci: Kemampuan bahasa dan media kartu kata
Penelitian ini dilatar belakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti, bahwa di Kelompok B mengalami kesulitan dalam hal mengungkapkan ide atau perasaan dengan menggunakan tata bahasa yang sesuai. hal ini dikarenakan dalam proses pembelajaran masih didominasi oleh aktivitas yang klasikal dan didominasi oleh peran guru, akibatnya suasana kelas monoton, pasif dan membosankan.
Permasalahan penelitian ini adalah apakah tindakan pembelajaran dengan menggunakan permainan kartu kata efektif untuk mengembangkan kemampuan berbahasa anak di Kelompok B PAUD Pelangi Kasreman Pakel Tulungagung Tahun Pelajaran 2012 - 2013 .
Penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subyek penelitian Kelompok B PAUD Pelangi Kasreman. Penelitian ini dilaksanakan dalam tiga siklus, menggunakan instrumen berupa RKM, RKH, buku alat penilaian, alat bantu penilaian, buku rangkuman penilaian, lembar kerja siswa.
Kesimpulan hasil penelitian ini adalah melalui siklus tindakan pembelajaran dapat ditemukan keefektifan media permainan kartu kata untuk mengembangkan kemampuan berbahasa anak kelompok B PAUD Pelangi Kasreman. Berdasarkan simpulan hasil penelitian ini, direkomendasikan : (1) Tujuan pokok penggunaan media permainan kartu kata adalah untuk meningkatkan kemampuan berbahasa anak, oleh sebab itu guru sebagai mediator harus mengutamakan proses pembelajaran yang aktif, kreatif, edukatif dan menyenangkan. (2) Sebagai motivasi para guru untuk meningkatkan kreatifitas dalam pengadaan media permainan, sehingga siswa akan lebih mudah menerima bahan pengajaran yang akan disampaikan