MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN MENGENAL WARNA MELALUI MEDIA AMPLOP BERGAMBAR PADA ANAK KELOMPOK A TK DHARMA WANITA SIMAN II KECAMATAN KEPUNG KABUPATEN KEDIRI TAHUN PELAJARAN 2014/2015


Author (Penulis)

SULIKATI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

11.1.01.11.0768

Abstract

Berdasarkan dari hasil pengamatan yang telah dilakukan peneliti di TK Dharma Wanita Siman II telah ditemukan masalah tentang kemampuan mengenal warna anak yang masih sangat rendah sehingga anak kurang berminat dalam melakukan kegiatan mengurutkan benda berdasarkan warna, hal ini disebabkan karena media dan metode yang dipergunakan oleh pendidik yang kurang menarik dan membosankan. Dengan menggunakan media amplop bergambar diharapkan dapat mengembangkan kemampuan mengenal warna dalam mengurutkan benda berdasarkan warna, sehingga dapat memberi motivasi kepada anak untuk dapat mengembangkan imajinasi dan kreatifitasnya. Dalam Penelitian ini, peneliti menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subyek penelitian anak didik kelompok A TK Dharma Wanita Siman II Kecamatan Kepung Kabupaten Kediri yang berjumlah 15 anak. Penelitian dilaksanakan dalam 3 siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu: tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, tahap pengamatan dan tahap refleksi. Dengan menggunakan teknik pengumpulan data yang dipergunakan adalah unjuk kerja. Pengembangan kemampuan mengenal warna melalui media amplop bergambar di TK Dharma Wanita Siman II Kecamatan Kepung, terbukti dilihat dari hasil penelitian Pada siklus I anak yang mendapat bintang tiga dan empat sebanyak 6 anak (55%) pada siklus II anak yang mendapat bintang tiga dan empat meningkat 10 anak (71,66%) dan pada siklus III anak yang mendapat bintang tiga dan empa tmeningkat menjadi 13 anak (86,66%). Kesimpulan dari penelitian ini adalah melalui Media amplop bergambar dapat mengembangkan kemampuan mengenal warna pada kelompok A TK Dharma Wanita Siman II Kecamatan Kepung Kabupaten Kediri. Kata Kunci : Kemampuan Bahasa, Media Amplop Bergambar

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-02-16

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI