MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA HURUF ABJAD MELALUI MEDIA KUBUS ALFABET PADA KELOMPOK ANAK USIA 4-5 TAHUN PAUD PERMATA HATI MARWIYYA DESA BADAL KECAMATAN NGADILUWIH KABUPATEN KEDIRI


Author (Penulis)

NOFI WIWIN KUSNIA
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

11.1.01.11.0757

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kemampuan membaca huruf abjad pada yang masih kurang, sehingga hasil belajar anak juga rendah. Permasalahan penelitian ini adalah “ Apakah media kubus alfabet dapat meningkatkan kemampuan membaca huruf abjad pada anak?”. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan subyek penelitian kelompok usia 4-5 tahun Paud Permata Hati Marwiyya Desa Badal Kecamatan Ngadiluwih Kabupaten Kediri dan dilaksanakan dalam tiga siklus. Tujuan utama dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan membaca huruf abjad pada anak melalui media kubus alfabet. Sedangkan kesimpulan hasil penelitian ini adalah kubus alfabet dapat meningkatkan kemampuan membaca huruf abjad pada anak kelompok usia 4-5 tahun. Dari hasil pengamatan dan analisis serta perbaikan pembelajaran diketahui bahwa kemampuan membaca huruf abjad anak meningkat, hal ini tampak pada anak yang mencapai ketuntasan pada siklus I yaitu 66,66% yang dikategorikan kurang, siklus II menjadi 75% yang dikategorikan cukup dan meningkat pada siklus III menjadi 91,66% yang dikategorikan baik. Kesimpulan dari penelitian ini adalah media kubus alfabet dapat meningkatkan kemampuan membaca huruf abjad anak kelompok usia4-5 tahun Paud Permata Hati Marwiyya Desa Badal Kecamatan Ngadiluwih Kabupaten Kediri. Ini menunjukkan hipotesis tindakan diterima. Kata Kunci : Kemampuan membaca, kubus alfabet

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-02-14

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI