MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL KONSEP BILANGAN MELALUI PERMAINAN BOLA WARNA PADA ANAK KELOMPOK A TK TUNAS KRAS KABUPATEN KEDIRI


Author (Penulis)

JUWARTI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

11.1.01.11.0753

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti bahwa disebabkan penggunaan metode pembelajaran yang kurang sesuai dengan usia perkembangan anak, dimana guru sebagai fasilitator pembelajaran memberikan materi melalui ceramah saja sehingga terkesan monoton, kurangnya guru dalam memberikan stimulasi-stimulasi dengan media pembelajaran yang konkret yang hanya mengandalkan buku-buku tugas dan majalah, sehingga kurang memotivasi daya kreatif, fikir anak, suasana belajar mengajar yang kurang kondusif, dimana anak kurang respon terhadap materi yang disampaikan guru sehingga membuat kondisi kelas yang terkesan kurang kondusif. Permasalahan penelitian ini Apakah permainan bola warna dapat meningkatkan kemampuan mengenal bilangan pada anak kelompok A Tunas Kras Kabupten Kediri Tahun Pelajaran 2014/2015? Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subjek penelitian anak kelompok A TK Tunas Kras Kabupaten Kediri. Penelitian dilaksanakan dalam tiga siklus, menggunakan lembar penilaian kemampuan anak, lembar observasi aktifitas anak, lembar observasi aktifitas guru. Hasil pelaksanaan proses mengenal konsep bilangan ini menunjukkan bahwa anak mulai dapat mengenal konsep bilangan dengan baik dari siklus I, II dan siklus III semakin meningkat. Proses kegiatan pembelajaran dapat berlangsung secara efektif, hasil ketuntasan kemampuan mengenal konsep bilangan siklus I sebesar 40%, siklus II sebesar 65%, dan siklus III sebesar 90%. sehingga hasil belajar anak dalam proses kegiatan tersebut telah mencapai ketuntasan. Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas dapat disimpulkan sebagai berikut permainan bola warna dapat meningkatkan kemampuan mengenal bilangan pada anak kelompok A Tunas Kras Kabupten Kediri Tahun Pelajaran 2014/2015, maka hipotesis diterima Berdasarkan simpulan hasil penelitian ini direkomendasikan tujuan pokok permaainan bola warna adalah untuk meningkatkan kemampuan mengenal konsep bilangan anak kelompok A Tunas Kras Kabupten Kediri. Oleh karena itu guru sebagai pelaksana pembelajaran harus berupaya semaksimal mungkin melatih dan membina kepada anak, sehingga terciptanya perkembangan kognitif yang optimal. Kata kunci : Kemampuan mengenal konsep bilangan, permainan bola warna.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-02-14

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI