MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN BERBICARAMELALUI MEDIA BONEKA JARIPADA ANAKKELOMPOK A TK PKK SALAMREJO KECAMATAN BINANGUNKABUPATEN BLITAR
Author (Penulis)
ERNAWATI
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
11.1.01.11.0744
Abstract
Penelitian ini dilator belakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti, bahwa media boneka jari ini bukan hanya sekedar media baca, tetapi dengan menggunakan media boneka jari anak merasa senang dan tidak ada tekanan. Dengan menggunakan media boneka jari dapat melatih bercerita anak, dan menambah kemampuan berbahasa anak. Hal ini disebabkan oleh kurang kreatifnya guru dalam membuat media pembelajara nanak dan tingkat pemahaman anak belum berkembang secara optimal. Berdasarkan pengamatan yang telah dilakukan terdapat beberapa rumusan masalah, “Apakah penerapan pembelajaran melalui media boneka jari mampu meningkatkan kemampuan berbicara anak kelompok A TK PKK Salamrejo Kecamatan Binangun Kabupaten Blitar?”
Desain penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) kolaboratif, dengan sampel anak didik kelompok A TK PKK Salamrejo Kecamatan Binangun Kabupaten Blitar sejumlah 13 anak. Penelitian ini dilakukan dalam tiga siklus, menggunakan instrument berupa lembar unjuk kerja kemampuan bercerita melalui media boneka jari dan lembar observasi guru.
Implikasi praktis hasil penelitan ini adalah bahwa tujuan pendidikan pada satuan pendidikan PAUD/TK lebih diutamakan pada pengembangan kemampuan dasar pembiasaan, bahasa, kognitif dan fisik/motorik. Untuk membentuk kemampuan dasar tersebut diperlukan beberapa syarat, diantaranya adalah penciptaan lingkungan belajar dan model pembelajaran yang menyenangkan. Pembelajaran menggunakan media boneka jari dapat memenuhi tujuan tersebut. Maka guru-guru TK/PAUD dapat menggunakannya dalam pembelajaran, dalam upaya mengembangkan kemampuan dasar anak.