MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF DALAM MEMBILANG 1-10 MELALUI KEGIATAN MENGELOMPOKKAN BIJI-BIJIAN PADA ANAK KELOMPOK A PAUD TUNAS BANGSA DESA CERME KECAMATAN GROGOL KABUPATEN KEDIRI TAHUN PELAJARAN 2014-2015


Author (Penulis)

DWI RATNAWATI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

11.1.01.11.0737

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi hasil pengamatan peneliti, bahwa anak Kelompok A PAUD Tunas Bangsa Desa Cerme Kecamatan Grogol Kabupaten Kediri, kemampuan kognitif dalam membilang 1-10 masih rendah karena guru dalam mengajar tidak menggunakan media pembelajaran yang bervariasi dan pembelajaran berpusat pada guru. anak hanya disuruh mendengarkan guru dalam menyampaikan bahan ajar, sehingga minat anak dalam mengikuti pelajaran di kelas sangat rendah dan tidak terjadi interaksi belajar antara guru. Subyek dalam penelitian ini adalah anak kelompok A PAUD Tunas Bangsa Desa Cerme Kecamatan Grogol Kabupaten Kediri. Penelitian ini dilaksanakan dalam tiga siklus, sedangkan masing-masing siklus terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Adapun pengumpulan data meliputi observasi. Kesimpulan hasil penelitian ini adalah (1) Melalui siklus tindakan pembelajaran dapat ditemukan langkah yang inovatif dan efektif dalam penerapan pembelajaran membilang melalui kegiatan mengelompokkan biji-bijian untuk meningkatkatkan minat dan motivasi belajar anak khususnya dibidang kognitif. (2) Melalui siklus tindakan pembelajaran membilang melalui kegiatan mengelompokkan biji-bijian dapat meningkatkan minat anak dalam mengikuti pembelajaran. (3) Melalui siklus tindakan pembelajaran membilang melalui kegiatan mengelompokkan biji-bijian dapat meningkatkan motivasi anak dalam belajar. Berdasarkan simpulan hasil penelitian ini, adalah (1) Melalui siklus tindakan pembelajaran dapat ditemukan langkah yang efektif dalam pembelajaran membilang yaitu penggunaan media biji-bijian untuk mengembangkan kemampuan membilang khususnya dibidang kognitif. (2) Oleh sebab itu guru sebagai pelaksana pembelajaran harus mengutamakan proses yang mendukung kelancaran dan ketertarikan anak dalam belajar. (3) Disarankan bagi guru PAUD hendaknya dalam melaksanakan KBM menggunakan media biji-bijian pembelajaran membilang agar menarik anak, sehingga rasa ingin tahu dan ingin mencoba pada anak semakin besar. Kata kunci: Membilang 1-10, Mengelompokkan Biji-bijian

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-02-26

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI