MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN MENGENAL ANGKA 1-10 MENGGUNAKAN MEDIA KARTU ANGKA DI KELOMPOK A PAUD ULUL ALBAB DESA MARON BOYOLANGU KECAMATAN BOYOLANGU KABUPATEN TULUNGAGUNG TAHUN AJARAN 2014-2015


Author (Penulis)

SITI MUNAWAROH
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

11.1.01.11.0733

Abstract

ABSTRAK Hj. SITI MUNAWAROH : Mengembangkan Kemampuan Mengenal Angka 1-10 Menggunakan Media Kartu Angka Dikelompok A PAUD ULUL ALBAB Desa Maron Boyolangu Kecamatan Boyolangu Kabupaten Tulungagung Tahun Ajaran 2014-2015, Skripsi PGPAUD, FKIP UNP Kediri, 2015. Kata Kunci : mengenal angka 1-10, media kartu angka Penelitian ini dilatar belakangi adanya permasalahan yaitu kurangnya kemampuan anak dalam hal membilang banyak benda 1-10, mengenal konsep bilangan 1-10 dan mengenal lambang bilangan 1-10. Hal ini disebabkan oleh kurang efektifnya guru dalam memberikan materi pelajaran, anak merasa bosan dan media pembelajaran yang kurang menarik. Berdasarkan pengamatan yang telah dilakukan terdapat rumusan masalah : Apakah penggunaan media kartu angka dapat mengembangkan kemampuan mengenal angka 1-10 di Kelompok A PAUD ULUL ALBAB Maron Desa Boyolangu Kecamatan Boyolangu Kabupaten Tulungagung Tahun Ajaran 2014-2015 ? Indikator keberhasilan tindakan : kemampuan anak dalam mengenal angka 1-10 setelah dilakukan tindakan lebih baik daripada sebelum dilakukan tindakan. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dan dirancang dalam 2 siklus. Masing-masing siklus terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subyek penelitian adalah anak didik kelompok A di PAUD ULUL ALBAB Desa Maron Kecamatan Boyolangu Kabupaten Tulungagung sebanyak 16 anak yang terdiri dari 8 anak perempuan dan 8 anak laki-laki. Instrumen pengumpulan data dalam penelitian ini antara lain Rencana Kegiatan Mingguan, Rencana Kegiatan Harian, Lembar Observasi guru dan lembar penilaian unjuk kerja untuk anak. Kesimpulan hasil penelitian ini adalah bahwa penggunaan media kartu angka dapat mengembangkan kemampuan mengenal angka 1-10. pada siklus I prosentase rata-rata kemampuan mengenal angka 1-10, skornya 67,28%, siklus II 85,71% peningkatan ini ditandai dengan meningkatnya kemampuan membilang banyak benda 1-10 mengenal lambang bilangan 1-10 dan mengenal konsep bilangan 1-10. terbukti dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Berdasarkan penggunaan media kartu angka dibutuhkan untuk meningkatkan kemampuan kognitif pada anak agar mendapatkan hasil yang maksimal dalam mencapai tujuan pembelajaran yang lebih efektif lagi, maka perlu adanya saran-saran dalam menggunakan media kartu angka sebagai berikut:Bagi Peyelenggara Lembaga. Implementasi media kartu angka dengan membuat berbagai bentuk dasar kartu angka dapat meningkatkan hasil belajar anak dan juga sebagai modal dasar seni keterampilan yang akan berguna bagi kehidupan anak nanti dan tidak ada salahnya apabila media kartu angka ini dicoba pada aktivitas lain dengan bahan dan dengan metode atau teknik yang lain pula.Bagi Guru. kemampuan kognitif anak menggunakan media yang menarik dan beragam sehingga dapat meningkatkan motivasi dan konsentrasi anak dalam belajar, misalnya menggunakan media kartu angka.Bagi Orang tua. Agar lebih memperhatikan setiap potensi yang dimiliki anak tidak hanya potensi akademik semata tetapi juga pada potensi kreativitas anak dengan diterapkannya kegiatan kreativitas di rumah dengan suasana yang menyenangkan misalnya melalui permainan menggunakan media kartu angka.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-02-04

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI