MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERHITUNG MENGGUNAKAN MEDIA GUNUNGAN PINTAR DI KELOMPOK B TK DHARMA WANITA TANJUNGSARI KECAMATAN BOYOLANGU KABUPATEN TULUNGAGUNG TAHUN PELAJARAN 2014/2015


Author (Penulis)

ENI PRASETYOWATI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

11.1.01.11.0730

Abstract

ABSTRAK ENI PRASETYOWATI, Penggunaan Media Gunungan Pintar Untuk Meningkatkan Kemampuan Berhitung Kelompok B TK Dharma Wanita Tanjungsari, Skripsi, PG PAUD, FKIP UNP KEDIRI, 2015 Kata Kunci : Kemampuan Berhitung, Media Gunungan Pintar Penelitian ini dilatar belakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti, bahwa pembelajaran dan penyediaan media di kelompok B TK Dharma Wanita Tanjungsari masih kurang beragam dan lebih banyak menggunakan buku penunjang, akibatnya pembelajaran tersebut menjadi sebuah rutinitas mnoton dan membosankan, hal tersebut nampak dari kemampuan berhitung siswa masih rendah. Salah satu cara untuk meningkatkan kemampuan berhitung tentunya melalui penggunaan media. Rumusan masalah penelitian ini adalah: Apakah penggunaan media gunungan pintar dapat meningkatkan kemampuan berhitung anak-anak di kelompok B TK Dharma Wanita Tanjungsari Kecamatan Boyolangu Kabupaten Tulungagung Tahun Pelajaran 2014-2015? Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah penggunaan media gunungan pintar dapat meningkatkan kemampuan berhitung anak-anak di kelompok B TK Dharma Wanita Tanjungsari Kecamatan Boyolangu Kabupaten Tulungagung Tahun Pelajaran 2014-2015. Penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang memiliki 3 siklus. Dalam setiap siklusnya terdiri dari : 1.Perencanaan 2. Pelaksanaan tindakan 3. Pengamatan dan 4.Refleksi. Subyek penelitian ini sebanyak 20 anak. Instrumen penelitian ini antara lain: Rencana Kegiatan Mingguan, Rencana Kegiatan Harian, lembar penilaian unjuk kerja untuk anak dan lembar observasi guru. Kesimpulan hasil penelitian ini adalah penggunaan media gunungan pintar dapat meningkatkan kemampuan berhitung anak pada anak kelompok B TK Dharma Wanita Tanjungsari Desa Tanjungsari Kecamatan Boyolangu dengan perolehan prosentase rata-rata siklus I sebesar 72.5%. siklus II 87.5%. Siklus III tidak dilanjutkan karena kegiatan sudah berjalan dengan baik dan sudah memenuhi kriteria ketuntasan minimal sebesar 75%. Berarti tindakan guru berhasil dengan demikian hipotesis tindakan diterima. Setelah peneliti menyimpulkan dari hasil observasi. Agar mendapatkan hasil yang maksimal dalam mencapai hasil pembelajaran yang lebih efektif lagi perlu adanya saran-saran antara lain: Bagi guru hendaknya dalam proses pembelajaran termasuk dalam peningkatan kemampuan berhitung anak menggunakan media gunungan pintar. Bagi orang tua agar lebih memperhatikan setiap potensi yang dimiliki anak yaitu kompetensi dasar bidang kognitif pada anak usia dini dalam kemampuan berhitung.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-02-05

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI