MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA MENGGUNAKAN MEDIA KARTU HURUF PADA ANAK DIDIK KELOMPOK A RA KUSUMA MULIA KALIBOTO KECAMATAN TAROKAN KABUPATEN KEDIRI TAHUN PELAJARAN 2014/2015


Author (Penulis)

DURROTUL M
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

11.1.01.11.0728

Abstract

Berdasarkan hasil pengamatan yang dilakukan peneliti di RA Kusuma Mulia Kaliboto kemampuan membaca anak masih rendah. Sehingga anak tidak berminat dalam melakukan kegiatan membaca.Hal ini disebabkan karena media yang digunakan oleh pendidik monoton dan tidak menyenangkan. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan 3 siklus, masing-masing siklus terdiri atas 4 tahapan : perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, refleksi. Subjek penelitian adalah anak kelompokA RA Kusuma Mulia Kaliboto sebanyak 20 anak. Penggunaan media katu huruf diharapkan dapat meningkatkan kemampuan membaca anak dalam proses belajar mengajar di Taman Kanak-kanak, sehingga dapat memberi motivasi kepada anak untuk dapat mengembangkan imajinasi dan krestifitasnya. Tujuan penelitian ini adalah belajar menerapkan pembelajaran dengan menggunakanMedia Kartu Huruf Pada Anak Didik Kelompok A RA Kusuma Mulia Kaliboto untuk mengembangkan kemampuan membaca anak. Peningkatan kemampuan membaca melalui Media Kartu Huruf Pada Anak Didik Kelompok A RA Kusuma Mulia Kaliboto di terbukti dari hasil belajar yang diperoleh anak RA Muslimat Kusuma Mulia Kalibotoi sebelum melakukan kegiatan membaca. Pada siklus I.II,III terus mengalami peningkatan yaitu pra tindakan terdapat 3 anak yang mencapai (35%) yang mencapai ketuntasan, Siklus I mengalami peningkatan 8 anak (41,25%) yang mencapai ketuntasan siklus II meningkat 14 anak (67,5%) ` yang mencapai ketuntasan, siklus III menignkat 17 anak (82,5%) yang mencapai ketuntasan. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa media kartu huruf dapat diterapkan untuk mengembangkan kemampuan membaca anak. Guru harus selalu membimbing dan memotivasi anak agar berminat melakukan kegiatan membaca, dimana media kartu huruf juga dapat mengembangkan kreatifitas dan imajinasi. Kata Kunci : membaca, media kartu huruf

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-02-26

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI