MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN MENGURUTKAN LAMBANG BILANGAN 1-10 MELALUI PERMAINAN BOWLING ANGKA PADA ANAK KELOMPOK A DI TK KUSUMA MULIA II DESA SUMBERDUREN KECAMATAN TAROKAN KABUPATEN KEDIRI TAHUN 2014-1015


Author (Penulis)

KUSRINI INDARWATI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

11.1.01.11.0724

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti bahwa permainan bowling angka bukan sekedar pengantar pesan saja tetapi dianggap mampu mengembangkan kemampuan mengurutkan lambang bilangan 1-10 anak. Karena kemampuan mengurutkan lambang bilangan 1-10 anak kelompok A di TK Kusuma Mulia II Desa Sumberduren Kecamatan tarokan Kabupaten Kediri ini masih lemah, yang artinya masih perlu adanya bimbingan dari guru khususnya dalam kegiatan membatik diatas tisu. Dan untuk mengatasi masalah tersebut diatas, peneliti melaksanakan kegiatan meningkatkan kemampuan mengurutkan lambang bilangan 1-10 anak melalui permainan bowling angka. Yang mana kegiatan ini dimaksudkan untuk menarik perhatian anak dalam kegiatan tersebut. Berdasarkan latar belakang masalah tersebut dirumuskan permasalahan yang diteliti yaitu : Apakah penerapan permainan bowling angka dapat meningkatkan kemampuan mengurutkan lambang bilangan anak kelompok A TK Kusuma Mulia II SumberdurenKecamatan Tarokan? Penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) kolaboratif, dengan sampel siswa kelompok B TK Dharma Wanita Putra Gemilang Desa tarokan yang terdiri dari 20 anak. Penelitian dilakukan dalam tiga siklus, yang masing-masing siklus terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan,pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Adapaun metode pengumpulan data meliputi observasi dan hasil karya. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa meningkatkan bidang pengembangan kemampuan mengurutkan lambang bilangan 1-10 dengan menggunakan permainan bowling angka dapat meningkatkan kemampuan mengurutkan lambang bilangan 1-10 anak kelompok A TK Kusuma Mulia II Sumberduren Kecamatan Tarokan. Disarankan bagi guru TK hendaknya didalam KBM menggunakan permainan bowling angka untuk menarik perhatian. Dan tidak segan untuk melakukan kegiatan di luar kelas. Kata Kunci : Mengurutkan, Bowling Angka

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-02-23

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI