MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN MEMBACA MELALUI MEDIA KARTU HURUF PADA ANAK KELOMPOK A DI TK DHARMA WANITA DESA CENGKOK KECAMATAN TAROKAN KABUPATEN KEDIRI TAHUN PELAJARAN 2014/ 2015


Author (Penulis)

DWI WAHYUNI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

11.1.01.11.0723

Abstract

Penggunaan Kartu Huruf sebagai media pembelajaran diharapkan dapat mengembangkan aktivitas anak didik dalam proses belajar mengajar sehingga dalam proses belajar mengajar itu aktivitas belajar mengajar tidak terjadi kejenuhan, anak merasa senang serta semakin termotivasi dalam mengikuti kegiatan pembelajaran, diharapkan konsep yang diajarkan oleh guru dapat dipahami oleh anak didik. Permasalahan yang ingin dikaji dalam penelitian ini adalah : (a) apakah penerapan kartu huruf sebagai media pembelajaran lebih efektif ? (b) apakah kemampuan membaca anak dapat berkembang setelah diterapkan media kartu huruf?. Sedangkan tujuan dari penelitian ini adalah : (a) ingin mengetahui penerapan kartu huruf sebagai media pembelajaran lebih efektif, (b) untuk mengetahui pengembangan kemampuan membaca setelah diterapkan kartu huruf sebagai media pembelajaran. Penelitian ini menggunakan tindakan kelas, dengan 3 siklus , yang masing – masing siklus terdiri dari 4 kegiatan, yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi.Hasil perolehan pada siklus I menunjukkan dari 17 anak didik ada 5 anak didik tuntas belajar sehingga hanya memperoleh nilai yaitu sebesar 29%, siklus II terjadi peningkatan sedikit dari 17 anak yang sudah tuntas 12 anak, diperoleh nilai ketuntasan belajar mencapai 71% oleh karena itu perlu diulang pada siklus III. Hasil perolehan siklus III menunjukkan bahwa ketuntasan menjadi 15 anak dari 17 anak,diperoleh ketuntasan belajar mencapai 88%.Maka secara keseluruhan hasil ini sesuai dengan kategori ketuntasan belajar, maka penelitian ini sudah dikatakan berhasil. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa melalui penerapan kartu huruf sebagai media pembelajaran dapat mengembangkan kemampuan membaca pada anak didik kelompok A TK Dharma Wanita Cengkok Kec. Tarokan kab. Kediri. Disarankan bagi guru Taman Kanak – kanak hendaknya sebagai motivator kegiatan belajar mengajar dapat menerapkan pembelajaran yang kreatif, menarik dan inovatif agar tercapai hasil yang optimal. Kata Kunci : Kemampuan membaca, media kartu huruf.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-04-21

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI