MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN MELALUI PERMAINAN KUBUS KATA DAN GAMBAR PADA ANAK KELOMPOK A TK KUSUMA MULIA II PETOK KECAMATAN MOJO KABUPATEN KEDIRI
Author (Penulis)
UMI MASITOH
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
11.1.01.11.0722
Abstract
Penerapan pengembangan kemampuan Bahasa anak di kelompok A bertujuan untuk mengoptimalkan perkembangan anak, dalam hal ini adalah kemampuan membaca permulaan.
Pembelajaran permainan kubus kata dan gambar pada umumnya pembelajaran yang mengasyikkan bagi anak, sehingga melalui kegiatan ini seluruh aspek perkembangan dapat berkembang secara optimal. Media Kegiatan bermain ini adalah media yang digemari oleh anak. Kegiatan ini akan melatih daya fikir anak. Rancangan penelitian ini menggunakan rancangan penelitian tindakan kelas ini, model Kemmis dan MC. Taggart yang meliputi 4 tahapan, yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi.
Dari hasil pengamatan dan analisis serta perbaikan pembelajaran diketahui bahwa kemampuan berhitung anak meningkat, hal ini tampak pada jumlah anak yang mencapai ketuntasan dimana pada siklus I mencapai 43,75% yang dikategorikan kurang, siklus II menjadi 73,21% yang dikategorikan baik, pada siklus III 91%, yang dikategorikan sangat baik.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah Kegiatan permainan kartu kata dan gambar dapat mengembangkan kemampuan membaca pada anak kelompok A TK. Kusuma Mulia II Petok Kecamatan Mojo Kabupaten Kediri.