MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN MELALUI PERMAINAN KUBUS KATA DAN GAMBAR PADA ANAK KELOMPOK A TK KUSUMA MULIA II PETOK KECAMATAN MOJO KABUPATEN KEDIRI


Author (Penulis)

UMI MASITOH
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

11.1.01.11.0722

Abstract

Penerapan pengembangan kemampuan Bahasa anak di kelompok A bertujuan untuk mengoptimalkan perkembangan anak, dalam hal ini adalah kemampuan membaca permulaan. Pembelajaran permainan kubus kata dan gambar pada umumnya pembelajaran yang mengasyikkan bagi anak, sehingga melalui kegiatan ini seluruh aspek perkembangan dapat berkembang secara optimal. Media Kegiatan bermain ini adalah media yang digemari oleh anak. Kegiatan ini akan melatih daya fikir anak. Rancangan penelitian ini menggunakan rancangan penelitian tindakan kelas ini, model Kemmis dan MC. Taggart yang meliputi 4 tahapan, yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Dari hasil pengamatan dan analisis serta perbaikan pembelajaran diketahui bahwa kemampuan berhitung anak meningkat, hal ini tampak pada jumlah anak yang mencapai ketuntasan dimana pada siklus I mencapai 43,75% yang dikategorikan kurang, siklus II menjadi 73,21% yang dikategorikan baik, pada siklus III 91%, yang dikategorikan sangat baik. Kesimpulan dari penelitian ini adalah Kegiatan permainan kartu kata dan gambar dapat mengembangkan kemampuan membaca pada anak kelompok A TK. Kusuma Mulia II Petok Kecamatan Mojo Kabupaten Kediri.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-02-04

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI