MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN MEMBACA SUKU KATA MELALUI PERMAINAN MEMUKUL KANTONG PLASTIK SUKU KATA PADA KELOMPOK A DI TK HAPPY HOLY KIDS TULUNGAGUNG TAHUN PELAJARAN 2014/2015


Author (Penulis)

CUCU NENTI NOVI R
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

11.1.01.11.0720

Abstract

ABSTRAK CUCU NENTI NOVI ROBIAH: Mengembangkan Kemampuan Membaca Suku Kata Melalui Permainan Memukul Kantong Plastik Suku Kata Pada Kelompok A Di TK Happy Holy Kids Tulungagung Tahun Pelajaran 2014/2015, Skripsi PGPAUD, FKIP UNP Kediri, 2015. Kata Kunci : Kemampuan membaca suku kata, permainan memukul kantong plastik suku kata Berdasarkan penelitian pembelajaran membaca suku kata pada kelompok A di TK Happy Holy Kids Tulungagung tahun ajaran 2014/2015 masih rendah. Hal ini disebabkan oleh anak merasa cepat bosan dalam mengikuti pelajaran karena kurang menariknya materi yang disampaikan, anak sering pasif dalam proses pembelajaran di kelas dan guru yang terlalu aktif dalam menyampaikan materi pembelajaran, anak kurang tertarik pada metode yang digunakan oleh pengajar yakni menggunakan buku dan flash card dalam pembelajaran, dan kurang adanya dorongan dari orang tua kepada anak untuk belajar membaca suku kata. Permasalahan penelitian ini adalah apakah penerapan permainan memukul kantong plastik suku kata dapat meningkatkan kemampuan anak dalam membaca suku kata pada kelompok A di TK Happy Holy Kids Tulungagung ? Adapun tujuan dari penelitian ini adalah apakah dengan permainan memukul kantong plastik suku kata dapat meningkatkan kemampuan anak dalam membaca suku kata. Hipotesis penelitian adalah permainan memukul kantong plastik suku kata dapat meningkatkan kemampuan anak dalam membaca suku kata. Subjek dalam penelitian ini adalah anak kelas kids 1 dengan jumlah keseluruhan 24 anak, 11 anak perempuan dan 13 anak laki-laki yang dilaksanakan dalam tiga siklus tindakan penelitian. Adapun instrument yang digunakan dalam penelitian ini adalah RKM, RKH, lembar penilaian unjuk kerja, lembar observasi guru dan dokumentasi kegiatan. Hasil penelitian ini menunjukkan penerapan permainan memukul kantong plastik suku kata terbukti dapat meningkatkan kemampuan membaca suku kata pada anak kelas kids 1 di TK Happy Holy Kids Tulungagung. Hal ini terbukti dengan adanya peningkatan prosentase pencapaian dari pra tindakan sampai siklus tiga sebesar 81,25%. Penelitian ini direkomendasikan bagi guru untuk mengatasi permasalah membaca suku kata yang ada di kelas. Bagi kepala sekolah supaya dapat membantu guru untuk menyediakan media sebagai pendukung pembelajaran. Dan bagi peneliti lain, disarankan untuk dapat melakukan pembaharuan sehingga penelitiannya lebih baik.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-02-05

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI