MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL URUTAN BILANGAN 1-10 MELALUI METODE BERMAIN DAKON DENGAN MEDIA BIJI-BIJIAN PADA ANAK KELOMPOK A TK DHARMA WANITA BUTUH KECAMATAN KRAS KABUPATEN KEDIRI TAHUN PELAJARAN 2014/2015
Author (Penulis)
SUSIATI
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
11.1.01.11.0664
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya kemampuan anak memahami dan mengenal angka, sehingga hasil belajar kognitif anak tidak sesuai dengan harapan. Rumusan Permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini adalah Apakah tindakan pembelajaran melalui metode Bermain Dakon dengan media biji-bijian dapat meningkatkan kemampuan mengenal konsep bilangan 1-10 pada anak Kelompok A TK Dharma Wanita Butuh Kecamatan Kras Kabupaten Kediri?
Metode yang diterapkan dalam penelitian ini yaitu pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subjek anak kelompok A TK Dharma Wanita Butuh Kecamatan Kras Kabupaten Kediri. Penelitian dilaksanakan dalam tiga siklus, menggunakan instrumen berupa RKM, RKH, lembar observasi aktivitas guru, Penilaian hasil tes anak.
Hasil penelitian pada siklus I Ketepatan menghitung, membilang jumlah biji pada kegiatan bermain dakon sejumlah 56,6%, dan Ketepatan menghitung, menulis angka jumlah biji pada lembar kegiatan sejumlah 58,30%. Pada siklus II Ketepatan menghitung, membilang jumlah biji pada kegiatan bermain dakon sejumlah 73,3%, dan Ketepatan menghitung, menulis angka jumlah biji pada lembar kegiatan sejumlah 81,6%. Dan pada siklus III Ketepatan menghitung, membilang jumlah biji pada kegiatan bermain dakon sejumlah 95%%, dan Ketepatan menghitung, menulis angka jumlah biji pada lembar kegiatan sejumlah 98,30%. Hal ini dapat disimpulkan bahwa tindakan pembelajaran melalui kegiatan bermain dakon dengan media biji-bijian pada anak Kelompok A TK Dharma Wanita Butuh Kecamatan Kras Kabupaten Kediri.
Kata Kunci : Kemampuan Mengenal Urutan Bilangan 1-10, Metode Bermain Dakon, Media Biji-Bijian