MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF MENGENAL BENTUK-BENTUK GEOMETRI DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA KOTAK KRIBEL PADA ANAK KELOMPOK B RA AL-HIDAYAH SONO KEPUH
Author (Penulis)
SULIKAH
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
11.1.01.11.0662
Abstract
Pengenalan bentuk geometri di TK berupa pengenalan bentuk lingkaran, segitiga, dan segiempat. Pembelajarannya dilakukan secara terpadu dengan tema dan bidang pengembangan lainnya melalui aktivitas belajar yang dapat menstimulasi dan mengembangkan seluruh potensi dan kemampuan anak.Pembelajaran dirancang sedemikian rupa sesuai tingkat perkembangan agar anak mampu memahami berbagai konsep dengan mudah dan menyenangkan serta melibatkan berbagai pengalaman yang sudah diketahuinya.
Kondisi yang terjadi pembelajaran pengenalan bentuk geometri pada kelompok B di RA Al-Hidayah Sono Kepuh yaitu anak yang mendapatkan nilai 4 sebanyak 2 anak, sedangkan anak yang mendapat 3 sebanyak 7 anak, 5 anak mendapat nilai 2 dan 4 anak mendapat nilai 1.
Kenyataan tersebut membuat peneliti berkeinginan untuk melakukan penelitian tindakan kelas model spiral Kemmis dan Mc Taggart dengan melalui beberapa siklus tindakan dan terdiri dari empat komponen yaitu perencanaan, tindakan observasi, observasi dan refleksi. Setelah diadakan penelitian tindakan kelas ini diperoleh hasil berikut Pada Siklus I rata-rata ketuntasan hasil belajar siswa 44% meningkat pada siklus ke II sebesar 72% dan pada Siklus III hasil belajar siswa meningkat menjadi 83%.
Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa Tindakan pembelajaran melalui media kotak kribel dapat dibuktikan kebenaranya untuk mengembangkan kemampuan kognitif dalam mengenal bentuk-bentuk geometri anak pada kelompok B RA Al-Hidayah Sono Kepuh.
Kata Kunci : Kemampuan Kognitif, Media Kotak kribel