MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN PENGETAHUAN UMUM DAN SAINS DALAM KEGIATAN MENCAMPUR WARNA DENGAN MENGGUNAKAN METODE EKSPERIMEN PADA ANAK KELOMPOK A PAUD ROUDLOTUSSIBYAN DESA KARANGANYAR KECAMATAN WATES KABUPATEN KEDIRI TAHUN AJARAN 2014 – 2015


Author (Penulis)

SITI NUR KHASANAH
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

11.1.01.11.0660

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh hasil pengamatan dan pengalaman peneliti, bahwa dalam proses pembelajaran guru mengalami kesulitan dalam kegiatan mencampur warna menggunakan metode eksperimen pada anak didik secara optimal. Permasalahan pada penelitian ini adalah hasil belajar yang tidak sesuai harapan, metode yang digunakan guru kurang menarik dan menyenangkan sehingga anak cenderung pasif dan cepat merasa bosan dalam kegiatan mencampur warna. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subjek penelitian anak kelompok A PAUD ROUDLOTUSSIBYAN Ds.Karanganyar Kec. Wates Kab. Kediri tahun ajaran 2014-2015. Penelitian ini di lakukan selama tiga siklus dengan prosedur umum meliputi tahapan : 1)Perencanaan 2) Pelaksanaan 3) Pengamatan 4) Refleksi. Data penelitian ini adalah perkembangan dalam mengembangkan kemampuan kognitif pada bidang pengetahuan umum dan sains melalui kegiatan mencampur warna dengan menggunakan instrument berupa RKM, RKH, Penilaian Unjuk Kerja dan Lembar Observasi Aktivitas Guru. Kesimpulan penelitian ini adalah tindakan pembelajaran melalui kegiatan mencampur warna dengan menggunakan metode eksperimen, dapat dibuktikan kebenarannya untuk mengembangkan kemampuan kognitif dalam bidang pengetahuan umum dan sains pada anak kelompok A PAUD ROUDLOTUSSIBYAN Desa Karanganyar Kecamatan Wates Kabupaten Kediri Tahun Ajaran 2014-2015, terbukti dari hasil penelitian yang diperoleh anak dapat dilihat dari rata-rata hasil prosentase pada siklus I 46,42% dan meningkat lagi pada siklus II 62,5% dan pada siklus III 80,35% yang terus mengalami peningkatan. Berdasarkan simpulan hasil penelitian tindakan kelas ini direkomendasikan agar 1) guru dalam menyediakan media pembelajaran untuk lebih beragam dan menarik minat anak sebagai bahan ajar 2) guru dapat memberikan metode eksperimen dengan lebih bervariasi dan menarik pada anak 3) bagi anak dengan kegiatan mencampur warna diharapkan semakin lebih aktif, kreatif dan mandiri dalam kegiatan apapun khususnya dalam kemampuan kognitif bidang pengetahuan umum dan sains 4) pihak sekolah hendaknya mendorong guru untuk melakukan kegiatan belajar yang inovatif sehingga berdampak positif dalam perkembangan anak serta mengembangkan kemampuan guru dalam proses kegiatan belajar mengajar. Kata Kunci : kemampuan kognitif, pengetahuan umum dan sains, mencampur warna, metode eksperimen

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-02-14

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI