MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGEMBANGKAN KOSAKATA DAN BERKOMUNIKASI MELALUI BONEKA JARI DENGAN METODE BERCERITA PADA ANAK KELOMPOK A TK DHARMA WANITA II BEDALI KECAMATAN NGANCAR KABUPATEN KEDIRI
Author (Penulis)
RUHMINI
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
11.1.01.11.0657
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti, bahwa pembelajaran berkomunikasi di TK masih bersifat konvensional. Guru kurang kreatif dalam menyampaikan materi pembelajaran. Permasalahan penelitian ini adalah melalui bercerita dengan media boneka jari dapat meningkatkan kemampuan mengembangkan kosakata dan berkomunikasi pada anak kelompok A TK Dharma Wanita II Bedali Kecamatan Ngancar Kabupaten Kediri.
Penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subyek penelitian anak didik kelompok A TK Dharma Wanita II Bedali Kecamatan Ngancar Kabupaten Kediri. Penelitian dilaksanakan dalam tiga siklus, menggunakan instrumen berupa RKM, RKH, materi pembelajaran bercerita, media boneka jari, dan Format Penilaian kemampuan berkosakata.
Kesimpulan penelitian ini adalah bahwa melalui bercerita dengan media boneka jari dapat meningkatkan kemampuan mengembangkan kosakata dan berkomunikasi pada anak didik kelompok A TK Dharma Wanita II Bedali Kecamatan Ngancar Kabupaten Kediri Tahun Pelajaran 2013/2014.
Kata kunci : kosakata dan berkomunikasi, boneka jari, bercerita.