MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGEMBANGKAN KOSAKATA DAN BERKOMUNIKASI MELALUI BONEKA JARI DENGAN METODE BERCERITA PADA ANAK KELOMPOK A TK DHARMA WANITA II BEDALI KECAMATAN NGANCAR KABUPATEN KEDIRI


Author (Penulis)

RUHMINI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

11.1.01.11.0657

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti, bahwa pembelajaran berkomunikasi di TK masih bersifat konvensional. Guru kurang kreatif dalam menyampaikan materi pembelajaran. Permasalahan penelitian ini adalah melalui bercerita dengan media boneka jari dapat meningkatkan kemampuan mengembangkan kosakata dan berkomunikasi pada anak kelompok A TK Dharma Wanita II Bedali Kecamatan Ngancar Kabupaten Kediri. Penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subyek penelitian anak didik kelompok A TK Dharma Wanita II Bedali Kecamatan Ngancar Kabupaten Kediri. Penelitian dilaksanakan dalam tiga siklus, menggunakan instrumen berupa RKM, RKH, materi pembelajaran bercerita, media boneka jari, dan Format Penilaian kemampuan berkosakata. Kesimpulan penelitian ini adalah bahwa melalui bercerita dengan media boneka jari dapat meningkatkan kemampuan mengembangkan kosakata dan berkomunikasi pada anak didik kelompok A TK Dharma Wanita II Bedali Kecamatan Ngancar Kabupaten Kediri Tahun Pelajaran 2013/2014. Kata kunci : kosakata dan berkomunikasi, boneka jari, bercerita.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-02-14

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI