MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN KOGNITIF DALAM MEMBILANG DAN MENGENAL KONSEP BILANGAN MELALUI MEDIA KOTAK HARTA KARUN PADA ANAK KELOMPOK A DI TK DHARMA WANITA KENCONG I KECAMATAN KEPUNG KABUPATEN KEDIRI


Author (Penulis)

ROFI\'ATUL UMMAH
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

11.1.01.11.0656

Abstract

Tujuan dari penelitian pengembangan kemampuan kognitif ini secara umum adalah untuk mengetahui melalui media kotak harta karun dapat mengembangkan kemampuan membilang dan mengenal konsep bilangan pada anak kelompok A di TK Dharma Wanita Kencong I Salah satu dari pengembangan kemampuan kognitif adalah kecakapan berhitung atau matematis, kecakapan berfikir yang mendasari kecakapan tersebut yaitu pemasangan satu-satu, klasifikasi dan mengurutkan , strategi yang dapat digunakan untuk mengembangkan kemampuan membilang dan mengenal konsep bilangan melalui kotak harta karun adalah mengunakan metode bermain. Tujuannya adalah untuk meningkatkan dan mengembangkan seluruh potensi yang dimiliki anak didik, baik dari segi fisik maupun psikis sesuai dengan karakteristik anak serta menciptakan proses kegiatan yang berprinsip pada PAKEM. Permasalahan penelitian ini adalah Apakah melalui media kotak harta karun dapat mengembangkan kemampuan kognitif dalammembilang dan mengenal konsepbilangan pada anak kelompok A TK DHARMA WANITA Kencong I kecamatan kepung kabupaten Kediri? Penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subyek penelitian anak kelompok A TK Dharma Wanita Kencong I. Penelitian dilaksanakan tiga siklus, menggunakan instrumen berupa RKM, RKH, lembar observasi aktifitas siswa, lembar observasi aktifitas guru, dan hasil penilaian membilang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa prestasi anak mengalami peningkatan dengan prosentase sebagai berikut : pada siklus I sebesar 33 %, pada siklus II sebesar 53 % dan pada siklus III sebesar 87 %. Hal ini membuktikan bahwa kegiatan pembelajaran kognitif melalui media kotak harta karun dalam membilang dan mengenal konsep bilangan dapat mencapai ketuntasan pada anak kelompok A TK Dharma Wanita Kencong I. Berdasarkan simpulan hasil Penelitian Tindakan Kelas ini, disarankan kepada:(1) Guru, supaya dalam kegiatan pembelajaran pembelajaran kognitif dalam membilang dan mengenal konsep bilangan untuk menggunakan media kotak harta karun, karena media kotak harta karun membuat suasana santai dan dapat mengembangkan kemampuan kognitif dengan cepat dan mudah di ingat.(2) Peneliti selanjutnya, supaya dalam penelitian juga menggunakan media kotak harta karun ini, sehingga dapat diketahui keberhasilan pembelajaran dengan menggunakan metode ini. Kata Kunci: kemampuan membilang, mengenal konsep bilangan, media kotak harta karun

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-02-16

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI