MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL BENTUK GEOMETRI MELALUI KEGIATAN MERONCE SESUAI POLA YANG DICONTOHKAN MENGGUNAKAN METODE PEMBERIAN TUGAS PADA ANAK KELOMPOK B KELOMPOK BERMAIN CERIA GS LIRBOYO KECAMATAN MOJOROTO KOTA KEDIRI
Author (Penulis)
RATNANINGTYAS
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
11.1.01.11.0654
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti, bahwa kemampuan anak mengenal bentuk geometri di Kelompok Bermain belum berkembang dengan baik. Anak masih mengalami hambatan dalam bermain meronce bentuk geometri serta kurang memahami dalam segi pengelompokan bentuk, warna, dan ukuran.
Permasalahan penelitian ini adalah Apakah melalui kegiatan meronce sesuai pola yang dicontohkan menggunakan metode pemberian tugas pada anak kelompok B Kelompok Bermain ceria GS Lirboyo Kecamatan Mojoroto Kota Kediri dapat meningkatkan kemampuan mengenal bentuk geometri ? Penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan kelas ( PTK ) dengan pendekatan kuantitatif yang terdiri dari tiga siklus. Dimana setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan atau tindakan, observasi atau pengamatan dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan di Kelompok Bermain Ceria Gerdu Sehati Lirboyo Kecamatan Mojoroto Kota Kediri khususnya pada anak kelompok B dengan jumlah anak didik sebanyak 18 anak yang terdiri dari 7 anak laki-laki dan 11 anak perempuan
Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas belajar mengalami peningkatan yaitu pada siklus I nilai rata-rata sebesar 47,9% dan pada siklus II meningkat menjadi 63,9% Sedangkan pada siklus III meningkat menjadi 80,5%.
Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa melalui kegiatan meronce sesuai pola yang dicontohkan menggunakan metode pemberian tugas dapat meningkatkan kemampuan mengenal bentuk geometri pada anak kelompok B Kelompok Bermain Ceria Gerdu Sehati Lirboyo Kecamatan Mojoroto Kota Kediri.
Kata kunci : Bentuk Geometri, Meronce, Metode Pemberian Tugas