MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERHITUNG MENGGUNAKAN KARTU ANGKA DENGAN METODE PEMBERIAN TUGAS PADA ANAK KELOMPOK B TK DHARMA WANITA I BEDALI KECAMATAN NGANCAR KABUPATEN KEDIRI TAHUN AJARAN 2014-2015
Author (Penulis)
LINA EFENDI
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
11.1.01.11.0649
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti, bahwa kegiatan berhitung di Taman Kanak-Kanak belum menunjukkan hasil yang memuaskan. Kegiatan berhitung anak cenderung hanya menghafal nama bilangan tanpa mengetahui bentuk dari bilangan / angka itu sendiri.
Permasalahan peneliti ini adalah bagaimanakah penerapan media pembelajaran kartu angka untuk meningkatkan keterampilan berhitung anak ? Apakah penerapan media kartu angka dapat meningkatkan keterampilan berhitung anak ?
Penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subyek penelitian siswa kelompok B TK Dharma Wanita I Bedali Kecamatan Ngancar.
Hasil pembahasan Menunjukkan pengaruh meningkatkan kemampuan berhitung pada anak kelompok B TK Dharma Wanita I Bedali Kecamatan Ngancar tahun ajaran 2014-2015. Gambaran Selintas Setting Penelitian ,Deskripsi Temuan Penelitian, Rencana Umum Pelaksanaan tindakan, Pelaksanaan Tindakan Pembelajaran Siklus I, Pelaksanaan Tindakan Pembelajaran Siklus II, Pelaksanaan Tindakan Pembelajaran Siklus III.
Berdasarkan hasil penelitian mengenai meningkatkan kemampuan berhitung menggunakan kartu angka dengan metode pemberian tugas pada anak kelompok B TK Dharma Wanita I Bedali Kecamatan Ngancar Kabupaten Kediri. Terjadi peningkatan sebesar 24,4% dari siklus pertama ke siklus II dan 22% dari siklus II ke siklus III. Dengan demikian terjadi rata-rata peningkatan perkembangan anak sebesar 22,2%, dengan demikian tindakan pembelajaran melalui kartu angka dengan metode pemberian tugas dapat dibuktikan kebenarannya untuk meningkatkan kemampuan berhitung pada anak kelompok B TK Dharma Wanita I Bedali Kecamatan Ngancar tahun ajaran 2014-2015.
Kata kunci : Kemampuan berhitung, Kartu angka