MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN KOGNITIF DALAM MENGENAL BENTUK GEOMETRI MENGGUNAKAN MEDIA BALOK PADA ANAK KELOMPOK “A” TK PKK SELODONO DESA SELODONO KECAMATAN RINGINREJO KABUPATEN KEDIRI


Author (Penulis)

KRIDA DWI DYAWATI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

11.1.01.11.0647

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi hasil pengamatan dan pengalaman peniliti bahwa masih banyaknya anak yang belum memahami pembelajaran tentang mengenal macam-macam bentuk geometri yang ada di sekitarnya. Dari penelitian yang ditemukan disaat guru mengajar, ada beberapa anak yang belum mengetahui atau mengenal tentang bentuk geometri , karena pembelajaran yang diterapkan setiap hari hanya pembelajaran dasar yaitu mengenal huruf ( belajar membaca) dan mengenal angka ( belajar berhitung). Adapun permasalahan penelitian ini adalah : Apakah pembelajaran tentang bentuk geometri dengan cara membentuk macam-macam bangunan dari balok dapat mengembangkan kemampuan kognitif anak dalam mengenal bentuk geometri pada anak kelompok A TK PKK Selodono Desa Selodono Kecamatan Ringinrejo Kabupaten Kediri?. Penelitian tindakan kelas (PTK ) ini menggunakan penelitian tindakan kelas dengan subyek penelitian kelompok A TK PKK Selodono Kecamatan Ringinrejo Kabupaten Kediri dengan jumlah 20 anak yang terdiri dari 12 anak laki-laki dan 8 anak perempuan. Penelitian ini dilaksanakan sebanyak 3 siklus dengan menggunakan kerangka pembelajaran berupa rencana kegiatan mingguan (RKM) dan rencana kegiatan harian (RKH), sedangkan instrument penelitiannya adalah lembar observasi anak. Hasil dari penelitian ini adalah melalui siklus pembelajaran dengan pengenalan bentuk geometri dengan media balok mampu meningkatkan kemampuan kogintif dalam mengenal bentuk geometri pada anak usia dini TK PKK Selodono Desa Selodono Kecamatan Ringinrejo Kabupaten Kediri pada kelompok A. Hal tersebut dapat dilihat dari hasil yang diperoleh pada siklus I, II, dan III yang terus mengalami peningkatan. Hasil yang diperoleh dalam pelaksanaan kegiatan dengan menggunakan media balok pada pra siklus memperoleh ketuntasan 30% anak yang memenuhi kriteria ketuntasan belajar, pada siklus I prosentase pengenalan geometri anak mencapai 47% anak yang memenuhi kriteria ketuntasan belajar, kemudian pada siklus II meningkat menjadi 53% anak yang memenuhi kriteria ketuntasan belajar, dan meningkat lebih baik lagi menjadi 90% anak yang memenuhi kriteria ketuntasan belajar pada siklus III. Kata Kunci : Kemampuan Kognitif, Mengenal Bentuk Geometri, Media Balok.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-02-14

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI