MENGEMBANGKAN NILAI MORAL MELALUI METODE BERCERITA DENGAN MEDIA BONEKA TANGAN PADA ANAK KELOMPOK A PAUD ROUDLOTUSSIBYAN KARANGANYAR KECAMATAN WATES KABUPATEN KEDIRI
Author (Penulis)
INDANA NURUSSHOLICHAN
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
11.1.01.11.0645
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh hasil pengamatan dan pengalaman peneliti, bahwa dalam proses pembelajaran guru mengalami kesulitan dalam menyampaikan pesan moral menggunakan metode bercerita pada anak didik secara optimal.
Permasalahan pada penelitian ini adalah hasil belajar yang tidak sesuai harapan, metode yang digunakan guru kurang menarik dan menyenangkan sehingga anak cenderung pasif dan cepat merasa bosan dalam kegiatan bercerita.
Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subjek penelitian anak kelompok A PAUD ROUDLOTUSSIBYAN Desa Karanganyar Kecamatan Wates Kabupaten Kediri tahun ajaran 2014-2015. Penelitian ini di lakukan selama tiga siklus dengan prosedur umum meliputi tahapan: 1) Perencanaan 2) Pelaksanaan 3) Pengamatan 4) Refleksi. Data penelitian ini adalah perkembangan dalam mengembangkan nilai moral melalui metode bercerita dengan menggunakan instrument berupa RKM, RKH, Penilaian Unjuk Kerja dan Lembar Observasi Aktivitas Guru.
Tindakan pembelajaran melalui kegiatan bercerita menggunakan media boneka tangan, dapat dibuktikan kebenaranya untuk mengembangkan nilai moral pada anak kelompok A PAUD ROUDLOTUSSIBYAN Karanganyar Kecamatan Wates Kabupaten Kediri “, sehingga hipotesis tindakan dalam penelitian ini dapat diterima.
Kata Kunci : nilai moral, boneka tangan , metode bercerita