MENIGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF DALAM MENGENAL BENTUK GEOMETRIS MELALUI PERMAINAN KOTAK SORTASI PADA ANAK KELOMPOK B TK KUSUMA MULIA II DESA TULUNGREJO KECAMATAN PARE KABUPATEN KEDIRI


Author (Penulis)

DIANA NUR LATIFAH
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

11.1.01.11.0637

Abstract

Berdasarkan dari hasil pengamatan yang telah dilakukan peneliti di TK Kusuma Mulia II Desa Tulungrejo Kecamatan Pare Kabupaten Kediri telah ditemukan masalah tentang kemampuan kognitif anak yang masih sangat rendah. Sehingga anak kurang berminat dalam melakukan permainan geometris, hal ini disebabkan karena metode yang dipergunakan oleh pendidik monoton dan tidak menyenagkan. Dengan menggunakan permainan kotak sortasi diharapkan dapat meningkatkan kemampuan kognitif anak didik, sehingga dapat memberi motivasi kepada anak untuk dapat mengembangkan imajinasi dan kreatifitasnya. Tujuan penelitian ini adalah menerapkan pembelajaran dengan menggunakan permainan kotak sortasi untuk mengembangkan kemampuan kognitif anak didik. Dalam Penelitian ini, peneliti menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subyek penelitian anak didik kelompok B TK Kusuma Mulia II Desa Tulungrejo Kecamatan Pare Kabupaten Kediri. Penelitian dilaksanakan dalam 3 siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu: tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, tahap pengamatan dan tahap refleksi. Subyek penelitian ini adalah anak didik kelompok B di TK Kusuma Mulia II Desa Tulungrejo Kecamatan Pare Kabupaten Kediri yang berjumlah 17 anak. Dengan menggunakan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah unjuk kerja. Peningkatan kemampuan kognitif melalui kegiatan gerak dan lagu di TK TK Dharma Wanita Satak Kecamatan Puncu, terbukti dilihat dari hasil penelitian Pada siklus I anak yang mendapat bintang tiga sebanyak 3 anak (40,47%), pada siklus II anak yang mendapat bintang tiga meningkat 9 anak (69%) dan pada siklus III anak yang mendapat bintang tiga meningkat menjadi 15 anak (83,3%). Kesimpulan dari penelitian ini adalah penerapan kegiatan gerak dan lagu mempunyai pengaruh positif yaitu dapat meningkatkan kemampuan kognitif anak didik yang ditunjukkan dengan unjuk karja anak didik. Kata Kunci : Permainan kotak sortasi, meningkatkan kemampuan kognitif.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-02-16

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI