MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN PERMULAAN MEMBACA MELALUI MEDIA KARTU BERGAMBAR PADA ANAK KELOMPOK B TK DHARMA WANITA SUMBERDADI KECAMATAN SUMBERGEMPOL KABUPATEN TULUNGAGUNG


Author (Penulis)

MARYUNI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

11.1.01.11.0633

Abstract

ABSTRAK MARYUNI, Mengembangkan Kemampuan Permulaan Membaca Melalui Media Kartu Bergambar Pada Anak Kelompok B TK Dharma Wanita Sumberdadi Kecamatan Sumbergempol Kabupaten Tulungagung. Skripsi PG PAUD, FKIP UNP KEDIRI 2015 Kata kunci : media kartu bergambar, kemampuan permulaan membaca Mengenal media kartu bergambar merupakan pemahaman dasar bagi anak sebelum anak mengenal pembelajaran membaca yang lebih rumit. Bagian anak usia 5-6 tahun yang tidak melewati masa pra TK ( Play group/PAUD), belum memiliki kesiapan mental dan pemahaman dasar seperti : membaca satu kata secara sederhana, merangkai kata menjadi kalimat secara sederhana dan sebagainya. Untuk kemampuan permulaan membaca tersebut diperlukan suatu upaya yang konkret untuk dapat menemukan cara tepat berkenaan dengan pembelajaran bidang pengembangan bahasa anak, khususnya yang berkaitan dengan kemampuan permulaan membaca. Permasalah penelitian ini yaitu : “Apakah Media Kartu Bergambar sebagai upaya meningkatkan kemampuan bahasa anak mengembangkan kemampuan permulaan membaca pada Kelompok B Tk Dharma Wanita Sumberdadi Kecamatan Sumbergempol Kabupaten Tulungagung dapat mengembangkan kemampuan belajar?” Tujuan dari penelitian ini untuk meningkatkan : (1) Memperoleh data tentang kemampuan bahasa anak mengenal media kartu bergambar sebelum dilakukan tindakan.(2) Mengumpulkan data tentang kemampuan bahasa mengenal media kartu bergambar sesudah dilakukan tindakan. (4) Mengetahui ada tidaknya perbedaan kemampuan bahasa mengenal media kartu bergambar pada anak antara waktu sebelum dan sesudah dilakukan tindakan. Objek penelitian adalah anak kelompok B TK Dharma Wanita Sumberdadi yang berjumlah 19 anak. Kerangka pembelajaran yang digunakan adalah Rencana Kegiatan Harian dan media kartu bergambar. Sedangkan instrumen penilaiannya adalah lembar observasi hasil belajar. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi. Dalam penelitian ini kemampuan anak dalam mengenal media kartu bergambar mengalami peningkatan yang signifikan melalui media kartu bergambar. Berdasarkan hasil analisis data penelitian yang diperoleh dari observasi pada anak kelompok B TK Dharma Wanita Sumberdadi Kecamatan sumbergempol Kabupaten Tulungagung maka dapat disimpulkan sebagai berikut : (1) Kemampuan guru dalam mengolah pembelajaran secara keseluruhan dapat dikategorikan baik. (2) Melalui media kartu bergambar dapat dibuktikan kebenarannya untuk mengembangkan kemampuan bahasa anak

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-02-04

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI