MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN MENGENAL KONSEP BILANGAN 1-10 MELALUI METODE BERMAIN ANGKA DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA PANCING IKAN PADA ANAK KELOMPOK A DI TK KUSUMA MULIA PLOSO-TIRON KECAMATAN BANYAKAN KABUPATEN KEDIRI TAHUN PELAJARAN 2014/2015
Author (Penulis)
RANI MIA K
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
11.1.01.11.0629
Abstract
Kata kunci : Kemampuan Mengenal Konsep Bilangan 1-10 Melalui Metode Bermain Angka Dengan Menggunakan Media Pancing Ikan
Penelitian ini dilatar belakangi masih kurangnya pemahaman konsep bilangan 1-10, melalui
media pancing ikan, diharapkan anak mampu mengembangkan konsep bilangan 1-10. Permasalahan penelitian ini adalah apakah melalui metode bermain angka dengan menggunakan media pancing ikan dapat mengembangkan kemampuan mengenal konsep bilangan 1-10 pada anak kelompok A Di TK Kusuma Mulia Ploso-Tiron Kecamatan Banyakan Kabupaten Kediri Tahun Pelajaran 2014/2015? Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui melalui media pancing ikan menggunakan metode bermain angka dapat mengembangkan kemampuan mengenal konsep bilangan 1-10 pada anak kelompok A Di TK Kusuma Mulia Ploso-Tiron Kecamatan Banyakan Kabupaten Kediri Tahun Pelajaran 2014/2015.
Untuk mengumpulkan data tentang kemampuan mengenal konsep bilangan anak didik kelompok A,
digunakan teknik unjuk kerja yaitu dengan instrumen berupa pedoman unjuk kerja. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan ketuntasan belajar pada pra tindakan sebesar 21 % dari 19 anak, kemudian setelah diadakanya pada siklus I prosentase ketuntasan belajar anak meningkat menjadi 31 %, pada siklus II ketuntasan belajar anak menjadi 74 %, dan pada siklus III ketuntasan belajar anak meningkat menjadi 84%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa tindakan pembelajaran melalui media pancing ikan menggunakan metode bermain angka dapat mengembangkan kemampuan mengenal konsep bilangan 1-10 pada anak Kelompok A Di TK Kusuma Mulia Ploso-Tiron Kecamatan Banyakan Kabupaten Kediri Tahun Pelajaran 2014/2015. Dan Guru hendaknya selalu aktif, kreatif, inovatif dalam kegiatan belajar mengajar sehingga menghasilkan pembelajaran yang maksimal.