MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN MENGENAL KONSEP BILANGAN 1-10 MELALUI METODE BERMAIN ANGKA DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA PANCING IKAN PADA ANAK KELOMPOK A DI TK KUSUMA MULIA PLOSO-TIRON KECAMATAN BANYAKAN KABUPATEN KEDIRI TAHUN PELAJARAN 2014/2015


Author (Penulis)

RANI MIA K
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

11.1.01.11.0629

Abstract

Kata kunci : Kemampuan Mengenal Konsep Bilangan 1-10 Melalui Metode Bermain Angka Dengan Menggunakan Media Pancing Ikan Penelitian ini dilatar belakangi masih kurangnya pemahaman konsep bilangan 1-10, melalui media pancing ikan, diharapkan anak mampu mengembangkan konsep bilangan 1-10. Permasalahan penelitian ini adalah apakah melalui metode bermain angka dengan menggunakan media pancing ikan dapat mengembangkan kemampuan mengenal konsep bilangan 1-10 pada anak kelompok A Di TK Kusuma Mulia Ploso-Tiron Kecamatan Banyakan Kabupaten Kediri Tahun Pelajaran 2014/2015? Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui melalui media pancing ikan menggunakan metode bermain angka dapat mengembangkan kemampuan mengenal konsep bilangan 1-10 pada anak kelompok A Di TK Kusuma Mulia Ploso-Tiron Kecamatan Banyakan Kabupaten Kediri Tahun Pelajaran 2014/2015. Untuk mengumpulkan data tentang kemampuan mengenal konsep bilangan anak didik kelompok A, digunakan teknik unjuk kerja yaitu dengan instrumen berupa pedoman unjuk kerja. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan ketuntasan belajar pada pra tindakan sebesar 21 % dari 19 anak, kemudian setelah diadakanya pada siklus I prosentase ketuntasan belajar anak meningkat menjadi 31 %, pada siklus II ketuntasan belajar anak menjadi 74 %, dan pada siklus III ketuntasan belajar anak meningkat menjadi 84%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa tindakan pembelajaran melalui media pancing ikan menggunakan metode bermain angka dapat mengembangkan kemampuan mengenal konsep bilangan 1-10 pada anak Kelompok A Di TK Kusuma Mulia Ploso-Tiron Kecamatan Banyakan Kabupaten Kediri Tahun Pelajaran 2014/2015. Dan Guru hendaknya selalu aktif, kreatif, inovatif dalam kegiatan belajar mengajar sehingga menghasilkan pembelajaran yang maksimal.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-04-18

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI