MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN KOGNITIF BERHITUNG PERMULAAN DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA BATU KERIKIL PADA ANAK KELOMPOK A TK AL – HAKIM SCHOOL MOJOROTOKOTA KEDIRI
Author (Penulis)
MIFTAHUL ROHMAH
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
11.1.01.11.0628
Abstract
Penerapan pengembangan kemampuan Kognitif anak di kelompok A bertujuan untuk mengoptimalkan perkembangan anak, dalam hal ini adalah kemampuan berhitungpermulaanmenyebut hasil penjumlahan.
Pembelajaran melalui media benda kerikil pada umumnya pembelajaran yang mengasyikkan bagi anak, sehingga melalui kegiatan ini seluruh aspek perkembangan dapat berkembang secara optimal. Media Kegiatan bermain ini adalah kegiatan yang digemari oleh anak. Kegiatan ini akan melatih daya fikir anak. Rancangan penelitian ini menggunakan rancangan penelitian tindakan kelas model Kemmis dan MC. Taggart yang meliputi 4 tahapan, yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi.
Dari hasil pengamatan dan analisis serta perbaikan pembelajaran diketahui bahwa kemampuan berhitungpermulaanhasil penjumlahan anak meningkat, hal ini tampak pada jumlah anak yang mencapai ketuntasan dimana pada siklus I mencapai 50% yang dikategorikan kurang dan meningkat menjadi 70% yang dikategorikan baik pada siklus II dan meningkat baik90% pada siklus III.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah Kegiatan pembelajaran melalui media benda alam menggunakan metode untukkerja dapat mengembangkan kemampuan menghitungpermulaan hasil penjumlahan 1-5 pada anak kelompok A TK AL–HAKIMSCHOOL MOJOROTO KECAMATAN MOJOROTO