MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN KOGNITIF BERHITUNG PERMULAAN DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA BATU KERIKIL PADA ANAK KELOMPOK A TK AL – HAKIM SCHOOL MOJOROTOKOTA KEDIRI


Author (Penulis)

MIFTAHUL ROHMAH
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

11.1.01.11.0628

Abstract

Penerapan pengembangan kemampuan Kognitif anak di kelompok A bertujuan untuk mengoptimalkan perkembangan anak, dalam hal ini adalah kemampuan berhitungpermulaanmenyebut hasil penjumlahan. Pembelajaran melalui media benda kerikil pada umumnya pembelajaran yang mengasyikkan bagi anak, sehingga melalui kegiatan ini seluruh aspek perkembangan dapat berkembang secara optimal. Media Kegiatan bermain ini adalah kegiatan yang digemari oleh anak. Kegiatan ini akan melatih daya fikir anak. Rancangan penelitian ini menggunakan rancangan penelitian tindakan kelas model Kemmis dan MC. Taggart yang meliputi 4 tahapan, yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Dari hasil pengamatan dan analisis serta perbaikan pembelajaran diketahui bahwa kemampuan berhitungpermulaanhasil penjumlahan anak meningkat, hal ini tampak pada jumlah anak yang mencapai ketuntasan dimana pada siklus I mencapai 50% yang dikategorikan kurang dan meningkat menjadi 70% yang dikategorikan baik pada siklus II dan meningkat baik90% pada siklus III. Kesimpulan dari penelitian ini adalah Kegiatan pembelajaran melalui media benda alam menggunakan metode untukkerja dapat mengembangkan kemampuan menghitungpermulaan hasil penjumlahan 1-5 pada anak kelompok A TK AL–HAKIMSCHOOL MOJOROTO KECAMATAN MOJOROTO

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-02-04

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI