MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF DALAM PENCAMPURAN WARNA DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA CAT AIR PADA ANAK KELOMPOK B TK KUSUMA BAKTI GAYAM KECAMATAN MOJOROTO KOTA KEDIRI
Author (Penulis)
MARIYATI
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
11.1.01.11.0627
Abstract
Pendidikan anak usia dini sangat membutuhkan sumber belajar yaitu media pembelajaran. Penelitian ini memiliki permasalahan yaitu apakah kegiatan pencampuran warna menggunakan media cat air dapat meningkatkan kemampuan kognitif anak kelompok B, dari permasalahan tersebut peneliti menggunakan metode penelitian kualitatif yang dilaksanakan dalam 3 siklus yaitu siklus I, siklus II dan siklus III. Aspek yang diteliti pada siklus ini adalah (1) saat bermain melalui kegiatan pencampuran warna anak dapat mencampurkan beberapa warna menjadi warna baru (2) saat bermain melalui kegiatan mencampurkan warnaanak dapat mengkombinasikan beberapa warna menggunakan cat air (3) saat bermain melalui kegiatan pencampuran warna anak dapat membuat mewarnai dengan kombinasi beberapa warna menggunakan media cat air.
Dari hasil penelitian tindakan kelas dengan tiga siklus diperoleh data nilai rata-rata peningkatan kemampuan kognitif anak melalui kegiatan pencampuran warna menggunakan media cat air pada siklus I adalah anak dapat mencampurkan beberapa warna dasar menggunakan media cat air sebanyak 50% dan siklus II 65%. Sedangkan siklus III sebanyak 80%. Dari hasil siklus I, siklus II dan siklus III maka dapat disimpulkan adanya peningkatan kemampuan kognitif dalam pencampuran warna dengan menggunakan media cat air pada anak kelompok B TK Kusuma Bakti Gayam Kecamatan Mojoroto Kota Kedirimenarik bagi anak.
Dengan demikian secara empiris terbukti hipotesis yang menyatakan bahwa melalui kegiatan mencampurkan warna dapat meningkatkan kemampuan kognitif anak kelompok B TK Kusuma Bakti Gayam Kecamatan Mojoroto Kota Kediri.