MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL BENTUK GEOMETRI MENGGUNAKAN MEDIA KOTAK GEOMETRI PADA ANAK KELOMPOK B RA AL-AZHAR KEDUNGSARI KECAMATAN TAROKAN KABUPATEN KEDIRI TAHUN PELAJARAN 2014/2015


Author (Penulis)

SUSIANIK
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

11.1.01.11.0614

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti bahwa dengan menggunakan media kotak geometri akan lebih cepat dan efektif untuk meningkatkan kemampuan kognitif dalam mengenal benntuk geometri pada anak kelompok B RA Al-Azhar. Permasalahan penelitian ini adalah apakah tindakan pembelajaran menggunakan media geometri dapat meningkatkan kemampuan kognitif dalam mengenal bentuk geometri pada anak kelompok B RA Al-Azhar Kedungsari Kecamatan Tarokan Kabupaten Kediri?Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan subyek penelitian Anak kelompok B RA Al-Azhar Kedungsari. Penelitian ini dilaksanakan dalam tiga siklus menggunakan instrumen berupa lembar penilaian observasi anak, lembar observasi guru dalam kegiatan pembelajaran, penilaian indikator kemampuan anak dalam kegiatan pembelajaran, lembar skoring berupa tanda bintang.Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkandalam penelitian ini adalahtindakan pembelajaranmelalui media kotak geometri mampu meningkatkan kemampuan mengenal bentuk geometri pada anak kelompok B RA Al-Azhar Kedungsari Kecamatan Tarokan Kabupaten Kediri Tahun Pelajaran 2014/2015. Kata Kunci: kemampuan mengenal bentuk geometri menggunakan media kotak geometri

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-03-03

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI