MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN BERPERILAKU JUJUR MENGGUNAKAN METODE BERCERITA PADA ANAK KELOMPOK A TK KUSUMA MULIA KEDUNGSARI KECAMATAN TAROKAN KABUPATEN KEDIRI
Author (Penulis)
DIAN KUNTARI V
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
11.1.01.11.0612
Abstract
Penelitianinidilatarbelakangihasilpengamatandanpengalamanpenelitibahwametodeberceritabukansekedarpengantarpesansajatetapidianggapmampumengembangkankemampuanberperilakujujur.KarenakemampuanberperilakujujuranakkelompokA TK KusumaMuliaKedungsariKecamatanTarokanKabupaten Kediri inimasihlemah, yang artinyamasihperluadanyabimbingandari guru khususnyadalamkemampuanberperilakujujur.Dan untukmengatasimasalahtersebutdiatas, penelitimelaksanakankegiatanmeningkatkankemampuanberperilakujujuranakmelaluimetodebercerita.Yang manakegiataninidimaksudkanuntukmenarikperhatiananakdalamkegiatantersebut.
Berdasarkanlatarbelakangmasalahtersebutdirumuskanpermasalahan yang ditelitiyaitu:ApakahmelaluimetodeberceritadapatmeningkatkankemampuanberperilakujujurpadaanakkelompokA TK KusumaMuliaKedungsari Kediri?
PenelitianinimenggunakanpendekatanPenelitianTindakanKelas (PTK) kolaboratif, dengansampelsiswakelompokA TK KusumaMuliaKedungsariyang terdiridari 20 anak.Penelitiandilakukandalamtigasiklus, yang masing-masingsiklusterdiridariempattahapanyaituperencanaan,pelaksanaan, pengamatandanrefleksi. Adapunmetodepengumpulan data meliputiobservasidanUnjukKerja.
Kesimpulan dari penelitain ini adalahbahwa tindakanpembelajarandenganmenggunakanmetodeberceritadapatmeningkatkankemampuan berperilaku jujurpadaanakkelompok A TK KusumaMuliaKedungsariKecamatanTarokanKabupaten Kediri TahunPelajaran 2014/2015.
Kata Kunci: PerilakuJujur, MetodeBercerita