MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL HURUF MENGGUNAKAN METODE BERMAIN PUZZLE PADA ANAK KELOMPOK B TK DHARMA WANITA PLOSO KECAMATAN SELOPURO KABUPATEN BLITAR
Author (Penulis)
CHICHI RINA SAFITRI
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
11.1.01.11.0611
Abstract
Kata kunci : kemampuan mengenal huruf, metode bermain puzzle.
Penelitian ini dilatar belakangi dari hasil pengamatan dan pengalaman peneliti,
bahwa dalam kegiatan pembelajaran mengenal huruf pada anak hanya berpusat pada guru.
Kurangnya peran aktif dari anak mengakibatkan suasana kelas monoton, membosankan. Hal
tersebut nampak saat kegiatan anak bermain sendiri dan tidak memperhatikan penjelasan
yang diberikan oleh guru. Anak tidak dapat memahami penjelasan secara baik sehingga hasil
pembelajaran tersebut masih kurang maksimal.
Perumusan masalah dalam penelitian ini adalah “apakah penggunaan metode
bermain puzzle dapat meningkatkan kemampuan mengenal huruf pada anak kelompok B TK
Dharma Wanita Ploso Kecamatan Selopuro Kabupaten Blitar semester II tahun ajaran
2014/2015?” .
Penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK)
dengan subyek penelitian anak didik kelompok B TK Dharma Wanita Ploso Kecamatan
Selopuro Kabupaten Blitar. Penelitian dilaksanakan dalam tiga siklus. Penelitian yang
dilakukan menggunakan metode bermain menggunakan media puzzle huruf. Melalui metode
bermain puzzle, penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan mengenal huruf
pada anak.
Berdasarkan hasil penelitian ini adalah (1) melalui tindakan siklus yang
dilaksanakan melalui tahapan yang ditentukan, kegiatan pembelajaran lebih terprogam
sehingga memudahkan pelaksanaan didalam kegiatan. (2) melalui siklus tindakan dengan
kegiatan bermain menyusun puzzle huruf dapat menarik minat dan menjadikan anak merasa
senang dan termotivasi dalam kegiatan. Dengan demikian pembelajaran yang dilaksanakan
dapat dipahami oleh anak secara mudah sehingga dapat meningkatkan kemampuan anak
dalam mengenal huruf.