MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN MENGENAL BENTUK GEOMETRI MELALUI KEGIATAN BERMAIN KONSTRUKTIF PADA ANAK KELOMPOK A DI TK KUSUMA MULIA I KALIRONG KECAMATAN TAROKAN KABUPATEN KEDIRI TAHUN AJARAN 2014/ 2015
Author (Penulis)
ANIS ROPIATUN N
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
11.1.01.11.0610
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti, bahwa anak-anak yang berusia 4-5 tahun memiliki kemampuan mengenal dan membedakan berbagai objek berdasarkan bentuk, ukuran, dan warna masih berada pada taraf yang sangat minim jika bertolak dari karakteristik perkembangan kognitif anak seusia mereka. Permasalahan penelitian ini adalah apakah melalui kegiatan bermain konstruktif dapat mengembangkan kemampuan mengenal bentuk geometri pada anak kelompok A di TK Kusuma Mulia I Kalirong Kecamatan Tarokan Kabupaten Kediri Tahun Ajaran 2114/2015?. Penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subyek penelitian anak kelompok A di TK Kusuma Mulia I. Penelitian ini dilaksanakan dalam tiga siklus, menggunakan instrumen berupa RKH, RKM, lembar penilaian hasil karya anak, lembar observasi anak, lembar observasi guru. Kesimpulan hasil penelitian ini adalah melalui siklus tindakan pembelajaran dapat ditemukan langkah-langkah yang efektif penerapan pembelajaran bermain konstruktif untuk meningkatkan kemampuan mengenal bentuk geometri dan hasil belajar siswa.
Kata kunci : bentuk geometri, bermain konstruktif.