MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF ANAK DALAM BERHITUNG 1-20 DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA LIDI PADA ANAK KELOMPOK B TK DHARMA WANITA BUNGUR II DESA BUNGUR KECAMATAN KARANGREJO KABUPATEN TULUNGAGUNG


Author (Penulis)

SRI WIDARTI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

11.1.01.11.0608

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi hasil pengamatan dan kesuliitan pada setiap pembelajaran bidang pengembangan kognitif. Hal ini ditunjukkan adanya hasil belajar anak didik yang masih mencapai rata-rata bintang dua. Permasalahan penelitian ini adalah apakah benar dengan penerapan kegiatan penjumlahan dengan lidi dapat meningkatkan kemampuan kognitif anak di kelompok B TK Dharma Wanita Bungur II Kecamatan Karangrejo Kabupaten Tulungagung. Dari hasil pengamatan dan analisis serta perbaikan pembelajaran diketahui bahwa kemampuan kognitif anak meningkat, hal ini tampak pada jumlah anak yang mencapai ketuntasan pada siklus I sebanyak 54% dikategorikan kurang, siklus II meningkat menjadi 69% yang dikategorikan cukup dan meningkat menjadi 85% yang dikategorikan baik pada siklus III. Berdasarkan hasil pelaksanaan penelitian yang telah dilakukan dapat diketahui bahwa terdapat peningkatan kemampuan kognitif mulai dari pra tindakan sampai dengan tindakan siklus III, sehingga dapat di simpulkan bahwa hipotesis dalam penelitian ini dapat diterima.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-02-04

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI