MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF DALAM MENGELOMPOKKAN BENTUK-BENTUK GEOMETRI MELALUI MEDIA BALOK KAYU MENGGUNAKAN METODE DEMONSTRASI PADA ANAK KELOMPOK B TK KUSUMA MULIA I PETOK KECAMATAN MOJO KABUPATEN KEDIRI TAHUN PELAJARAN 2014/2015
Author (Penulis)
MAS ULFAH
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
11.1.01.11.0605
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi hasil pengamatan peneliti di TK Kusuma Mulia I Petok Kecamatan Mojo Kabupaten Kediri. Dari hasil observasi awal yang dilakukan peneliti ditemukan fakta bahwa kemampuan kognitif anak kelompok B TK Kusuma Mulia I Petok Kecamatan Mojo Kabupaten Kediri masih relatif rendah. Oleh karena itu, peneliti tertarik untuk mengadakan penelitian dengan judul Meningkatkan Kemampuan Kognitif dalam Mengelompokkan Bentuk-Bentuk Geometri Melalui Media Balok Kayu Menggunakan Metode Demonstrasi Pada Anak Kelompok B TK Kusuma Mulia I Petok Kecamatan Mojo Kabupaten Kediri Tahun Ajaran 2014/2015.
Subyek dalam penelitian ini adalah anak didik kelompok B TK Kusuma Mulia I Petok Kecamatan Mojo Kabupaten Kediri yang berjumlah 18 anak didik.
Penelitian ini dilaksanakan dalam tiga siklus yang masing-masing siklus terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Adapun metode pengumpulan data menggunakan teknik unjuk kerja.
Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilaksanakan, diketahui bahwa hasil ketuntasan belajar anak pada siklus I masih mencapai 50%, kemudian pada tindakan siklus II ketuntasan belajar anak meningkat mencapi 55%, dan pada tindakan siklus III ketuntasan belajar anak meningkat dengan baik menjadi 81%.
Adapun kesimpulan dari penelitian ini adalah melalui media balok kayu menggunakan metode demonstrasi dapat meningkatkan kemampuan kognitif dalam mengelompokkan bentuk-bentuk geometri pada anak kelompok B TK Kusuma Mulia I Petok Kecamatan Mojo Kabupaten Kediri tahun pelajaran 2014/2015.