MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF MELALUI PERMAINAN IKAN PADA ANAK KELOMPOK A TK DHARMA WANITA BULULAWANG KECAMATAN BAKUNG KABUPATEN BLITAR
Author (Penulis)
RITA GUSTRINA
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
11.1.01.11.0585
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan kognitif anak didik kelompok A TK Dharma Wanita Bululawang Kecamatan Bakung Kabupaten Blitar melalui permainan ikan.Hal ini adalah salah satu upaya untuk meningkatkan kemampuan berhitung.
Permasalahan penelitian ini adalah “Apakah melalui kegiatan bermain ikan dapat meningkatkan perkembangan kognitif anak di TK Dharma Wanita Bululawang Kecamatan Bakung Kabupaten Blitar?”
Penelitian Tindakan ini dilakukan pada anak didik kelompok A di TK Dharma Wanita Bululawang Kecamatan Bakung Kabupaten Blitar Tahun Pelajaran 2014/2015.Penelitian ini dilator belakangi oleh meningkatkan kemampuan kognitif anak TK dalam berhitung dan memahami konsep bilangan dengan menggunakan media permainan ikan.
PenelitianTindakan Kelas dengan subjek penelitian anak didik kelompok A TK Dharma Wanita Bululawang Kecamatan Bakung Kabupaten Blitar ini dilaksanakan dalam 3 siklus, tiap siklus terdiri atas tahapan perencanaan tindakan, observasi, danrefleksi.
Hasil penelitian ini adalah bahwa Penerapan permainan memancing ikan dalam pembelajaran dapat meningkatkan kemampuan kognitif anak kelompok A TK Dharma Wanita Bululawang Kecamatan Bakung Kabupaten Blitar.Hal tersebut dapat diketahui dari pelaksanaan 3 siklus yang dilakukan peneliti di sekolah ini, dari 3 siklus tersebut terjadi peningkatan prosentase dalam mengembangkan kemampuan kognitif anak terutama dalam kemampuan berhitung. Sehingga permainan memancing ikan ini dapat meningkatkan kemampuan kognitif anak.