MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN MENYIMAK MELALUI KEGIATAN BERCERITA MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR DI KELOMPOK A RA PSM SANAN DESA SANAN KECAMATAN PACE KABUPATEN NGANJUKTAHUN AJARAN 2014/2015
Author (Penulis)
ZULAIKAH
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
11.1.01.11.0562
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti, bahwa belum berkembangnya kemampuan menyimak di kelompok A RA PSM SANAN disebabkan oleh beberapa faktor, yaitu kurang optimalnya penggunaan media atau sumber pembelajaran yang seadanya, selain itu juga karena faktor kepentingan orang tua yang hanya mengutamakan pada kegiatan baca, tulis dan berhitung. Hal tersebut membuat kegiatan belajar sebagai rutinitas yang membosankan dan kurang termotivasinya anak untuk mengikuti kegiatan pembelajaran.
Permasalahan yang akan dijawab dalam penelitian ini adalah : Apakah penerapan kegiatan bercerita menggunakan media gambar bisa menggembangkan kemampuan menyimak di kelompok A RA PSM SANAN?. Penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subyek penelitian anak kelompok A RA PSM SANAN. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus menggunakan instrumen berupa Rencana Kegiatan Mingguan, Rencana Kegiatan Harian, lembar penilaian percakapan untuk anak dan lembar observasi guru.
Kesimpulan hasil penelitian ini adalah melalui penerapan kegiatan bercerita menggunakan media gambar dalam pembelajaran terbukti dapat mengembangkan kemampuan menyimak di kelompok A RA PSM SANAN. Dari hasil penelitian pada siklus I prosentase rata-rata kemampuan menyimak anak 63,16% dan pada siklus II sudah mencapai 76,3%, sehingga peneliti tidak perlu melanjutkan pada tahap siklus yang ke III.
Berdasarkan simpulan hasil penelitian ini bagi guru hendaknya dalam proses pembelajaran termasuk dalam peningkatan kemampuan menyimak anak melalui kegiatan bercerita menggunakan media gambar dapat meningkatkan motivasi dan konsentrasi anak dalam belajar, dan untuk mengembangkan kemampuan bahasa anak dalam menyimak tidak hanya diperoleh dari lingkungan sekolah saja akan tetapi bisa diperoleh dari lingkungan keluarga termasuk orang tua.
Kata kunci : Kemampuan menyimak, kegiatan bercerita, media gambar.