MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL KONSEP BILANGAN 1-10 MENGGUNAKAN MEDIA PUZZLE DI KELOMPOK B KELOMPOK BERMAIN BHINNEKA TUNGGAL IKA DESA JATIGREGES KECAMATAN PACE KABUPATEN NGANJUK TAHUN AJARAN 2014-2015


Author (Penulis)

WURI HANDAYANI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

11.1.01.11.0560

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti, bahwa proses pembelajaran di kelompok B Kelompok Bermain Bhinneka Tunggal Ika khususnya pada kegiatan pengembangan kemampuan kognitif dalam mengenal konsep bilangan masih didominasi oleh penggunaan buku penunjang. Akibatnya suasana kelas monoton, pasif dan membosankan. Hal tersebut membuat anak tidak semangat dalam mengikuti proses pembelajaran sehingga tingkat capaian pengembangan kognitif kurang optimal. Permasalahan yang akan dijawab dalam penelitian ini adalah apakah penggunaan media puzzle dapat meningkatkan kemampuan mengenal konsep bilangan 1-10 di kelompok B Kelompok Bermain Bhinneka Tunggal Ika Desa Jatigreges Kecamatan Pace Kabupaten Nganjuk. Penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subjek 20 anak kelompok B Kelompok Bermain Bhinneka Tunggal Ika. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, menggunakan instrumen pengumpulan data berupa Rencana Kegiatan Mingguan, Rencana Kegiatan Harian, lembar penilaian unjuk kerja anak dan lembar observasi aktivitas guru. Kesimpulan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan media puzzle dapat meningkatkan kemampuan mengenal konsep bilangan 1-10 di kelompok B. Ini dapat dilihat dari kegiatan siklus 1 prosentase rata-rata kemampuan anak mencapai 70% dan pada kegiatan siklus II prosentase rata-rata kemampuan anak dalam mengenal konsep bilangan meningkat menjadi 87,5%. Berdasarkan simpulan hasil penelitian ini, peneliti memberikan saran bagi guru hendaknya dalam proses pembelajaran dalam peningkatan kemampuan mengenal konsep bilangan anak menggunakan media yang menarik dan beragam sehingga dapat meningkatkan motivasi dan konsentrasi anak dalam belajar. Sedang bagi orang tua hendaknya membuatkan media sederhana untuk pembelajaran anak di rumah khususnya dalam pengembangan kemampuan mengenal konsep bilangan dan menciptakan suasana yang menyenangkan agar anak semangat dalam belajar di rumah. Kata kunci : Kemampuan mengenal bilangan, media puzzle.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-02-26

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI