MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN MELALUI MEDIA PAPAN FLANEL PADA ANAK KELOMPOK B RA AL-AZHAR KEDUNGSARI KECAMATAN TAROKAN KABUPATEN KEDIRI TAHUN AJARAN 2014/2015


Author (Penulis)

TRI WAHYUNINGSIH
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

11.1.01.11.0556

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti bahwa dalam pembelajaran berbahasa yaitu membaca permulaan, dimana kemampuan membaca permulaan anak masih rendah, anak juga kurang aktif dalam kegiatan pembelajaran dan rendahnya media yang digunakan guru dalam pembelajaran membaca permulaan, sehingga kegiatan pembelajaran membaca permulaan kurang menarik dan membosankan bagi anak.Dan akhirnya hasil belajarpun juga menjadi rendah dan tidak maksimal. Permasalahan penelitian ini adalah apakah melalui media papan flanel dapat meningkatkan kemampuan membaca permulaan pada anak kelompok B RA Al-Azhar Kedungsari tahun ajaran 2014/2015.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bahwa melalui media papan flanel dapat meningkatkan kemampuan membaca permulaan pada anak kelompok B RA-Al-Azhar Kedungsari Kecamatan Tarokan Kabupaten Kediri tahun ajaran 2014/2015. Penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subyek penelitian anak kelompok B RA Al-Azhar Kedungsari.Penelitian ini dilaksanakan dengan tiga siklus menggunakan instrumen berupa RKM, RKH, lembar observasi anak, lembar observasi guru. Dari penelitian tersebut dapat diketahui hasil tiap-tiap siklus sebagai berikut: untuk siklus 1 kelompok belum mampu 40%, cukup mampu 30%, mampu 20% dan sangat mampu 10% dengan tingkat keberhasilan anak 50%.Untuk siklus II kelompok belum mampu 20%, cukup mampu 30%, mampu 25%, sangat mampu 25% dengan tingkat keberhasilan 63,75%.Untuk hasil siklus III sangat meningkat yaitu kelompok belum mampu 0%, cukup mampu 10%, mampu 40%, sangat mampu 50% dengat tingkat keberhasilan 85%.Dari hasil siklus diatas dapat diketahui bahwa (1) Melalui siklus tindakan pembelajaran dapat diketahui langkah-langkah yang efektif untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan anak.(2) Melalui siklus tindakan ini dapat meningkatkan minat baca anak.(3) Melalui siklus tindakan ini kemampuan membaca permulaan melalui media papan flanel terbukti dapat meningkatkan hasil belajar anak. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan yaitu tindakan pembelajaran melalui media papan flanel dapat di buktikan kebenarannya untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan di Raudhatul Atfal Kedungsari Kecamatan Tarokan Kabupaten Kediri Tahun Ajaran 2014/2015. Kata Kunci : Berbahasa, Membaca Permulaan, Media Papan Flanel

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-02-26

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI