MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBICARA MELALUI MEDIA GAMBAR SERI SEDERHANA (3-4 GAMBAR) PADA ANAK KELOMPOK A TK THABITA PWKI IX DESA BULUSARI KECAMATAN TAROKAN KABUPATEN KEDIRI TAHUN 2014/2015


Author (Penulis)

SRI WINARTI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

11.1.01.11.0554

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh proses bembelajaran yang belum optimal karena penggunaan media pembelajaran yang kurang menarik dan tidak sesuai dengan karakteristik anak pada kelompok A. Akibatnya anak kurang tertarik dalam mengikuti KBM. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan media gambar seri sederhana dapat meningkatkan kemampuan berbicara di kelompok A TK Thabita PWKI IX Desa Bulusari Tahun 2014/2015. Permasalahan penelitian ini adalah apakah penggunaan media gambar seri sederhana dapat meningkatkan kemampuan berbicara pada anak kelompok A TK Tabitha PWKI IX Desa Bulusari Kecamatan Tarokan Kabupaten Kediri?. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media gambar seri sederhana mampu meningkatkan kemampuan berbicara pada anak kelompok A TK Thabita PWKI IX Desa Bulusari. Hasil dan ketuntasan siswa dapat dilihat pada persentase siklus I yang mencapai 56,5%, siklus II mencapai 68,75% dan siklus III yang mencapai 90%. Kesimpulan hasil penelitian ini adalah pembelajaran dengan media gambar seri sederhana dapat dibuktikan kebenarannya untuk meningkatkan kemampuan berbicara pada anak kelompok A TK Thabita PWKI IX Desa Bulusari Kecamatan Tarokan Kabupaten Kediri. Kata kunci :kemampuan berbicara, media gambar seri sederhana

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-02-23

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI