MENINGKATKAN KEMAMPUAN DALAM MENYUSUN BENDA DARI BESAR KE KECIL ATAU SEBALIKNYA DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA BALOK PADA ANAK KELOMPOK B TK THABITA PWKI IX DESA BULUSARI KECAMATAN TAROKAN KABUPATEN KEDIRI TAHUN 2014/2015


Author (Penulis)

SRI WULAN EMERI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

11.1.01.11.0553

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh proses bembelajaran yang belum optimal karena penyajian yang monoton dan belum menggunakan media pembelajaran yang menarik bagi anak. Akibatnya anak kurang tertarik dalam mengikuti KBM. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan media balok dapat meningkatkan kemampuan menyusun benda dari besar ke kecil atau sebaliknya di kelompok B TK Thabita PWKI IX Desa Bulusari Tahun 2014/2015. Permasalahan penelitian ini adalah apakah penggunaan media balok dapat meningkatkan kemampuan menyusun benda dari besar ke kecil atau sebaliknya pada anak kelompok B TK Thabita PWKI IX Desa Bulusari Kecamatan Tarokan Kabupaten Kediri?. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media balok mampu meningkatkan kemampuan menyusun benda dari besar ke kecil atau sebaliknya pada anak kelompok B di TK Thabita PWKI IX Desa Bulusari. Hasil dan ketuntasan siswa dapat dilihat pada persentase siklus I yang mencapai 56,6%, siklus II mencapai 66,6% dan siklus III yang mencapai 93,3%. Kesimpulan hasil penelitian ini adalah pembelajaran dengan media balok dapat dibuktikan kebenarannya untuk meningkatkan kemampuan menyusun benda dari besar ke kecil atau sebaliknya pada anak kelompok B di TK Thabita PWKI IX Desa Bulusari Kecamatan Tarokan Kabupaten Kediri. Kata kunci :kemampuan menyusun benda, media balok

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-02-23

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI