MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP BERAT-RINGAN MENGGUNAKAN METODE EKSPERIMEN PADA ANAK KELOMPOK B RA MUSLIMAT KUSUMA MULIA BULUSARI KECAMATAN TAROKAN KABUPATEN KEDIRI TAHUN PELAJARAN 2014/2015


Author (Penulis)

SRI RAHAYU
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

11.1.01.11.0552

Abstract

Berdasarkanhasilpengamatan yang dilakukanpenelitidi RAMuslimat Kusuma Mulia Bulusarimasihrendahnyapengembanganpembelajarankognitifsehingga anak didik belummemahamikonsepberat-ringan. Permasalahanpenelitianiniadalah apakah tindakan pembelajaran menggunakan metode eksperimen dapat meningkatkan kemampuan pemahaman konsep berat- ringan pada anak kelompok B RA Kusuma Mulia Bulusari? Penggunaan metodeeksperimen diharapkan dapat meningkatkan kemampuan kognitif anak dalam proses belajar mengajar di Taman Kanak-kanak, sehingga dapat memberi motivasi kepada anak untuk dapat mengembangkan imajinasi dan krestifitasnya Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bahwa melalui metode eksperimen dapat meningkatkan kemampuan pemahaman konsep berat ringan pada anak kelompok B RA Muslimat Kusuma Mulia Bulusari. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan 3 siklus, masing-masing siklus terdiri atas 4 tahapan : perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, refleksi. Subjekpenelitianadalahanakkelompok B RA MuslimatKusumaMulia Bulusarisebanyak 20 anak. Untukmengumpulkan data tentangkemampuanpemahamankonsepberatringananakdidikkelompok B, digunakanteknikunjukkerja.Peningkatankemampuankognitifmelaluikegiatanpemahamankonsep berat-ringan pada Anak Didik Kelompok B RA Muslimat Kusuma Mulia Bulusari di terbukti dari hasil belajar yang diperoleh anak RA Muslimat Kusuma Mulia Bulusari sebelum melakukan kegiatan pemahaman konsep berat-ringan.Pada siklus I.II,III terus mengalami peningkatan yaitu pra tindakan terdapat 3 anak yang mencapai (35%) yang mencapai ketuntasan, Siklus I mengalami peningkatan 8 anak ( 41,25%) yang mencapai ketuntasan siklus II meningkat 14 anak (67,5%) ` yang mencapai ketuntasan, siklus III meningkat 17 anak (82,5%) yang mencapai ketuntasan. Berdasarkanhasilpenelitian, apatdisimpulkanbahwatindakanpembelajaranmelaluipenerapanmetodeeksperimendapatmeningkatkankemampuanpemahamankonsepberat-ringan.Guru hendaknyaselaluaktif, kreatif, inovatifdalamkegitanbelajarmengajarsehinggamenghasilkanpembelajaran yang maksimal. Kata Kunci : kemampuan pemahaman konsep berat ringan menggunakanmetodeeksperimen

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-03-21

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI